Cegah Varian Baru, Binda Lampung Gencar Laksanakan Vaksinasi Covid-19

Tanggal 29 Jun 2022 - Laporan Agus Setiawan - 450 Views
Kegiatan vaksinasi covid-19 di Kabupaten Lamteng.

MOMENTUM, Gunungsugih--Badan Intelijen Daerah (Binda) Lampung menggelar vaksinasi booster atau vaksin lanjutan di Kelurahan Bandarjaya Barat, Kecamatan Terbanggibesar, Kabupaten Lampung Tengah pada Rabu 29 Juni 2022.

Kepala UPTD Puskesmas Bandarjaya dr Yosi Harnos mengatakan pihaknya bersama Binda Lampung, rutin melakukan kegiatan vaksin dari tahap satu, dua hingga ketiga.

Bukan hanya dengan Binda, namun setiap hari siaga di Puskesmas menyiapkan vaksin bagi warga Bandarjaya.

"Kita buka dari Senin sampai Jumat dan jam 12.00 wib kita tutup layanan," kata Harnos.

Dengan target Binda lampung 7500 tiap bulan, Harnor menyebutkan sebagai pihak kesehatan akan selalu siap membantu dan mendampingi agar lebih mudah memberikan pelayanan vaksinasi untuk masyarakat.

Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Lampung Iwan Sastrawan mengatakan kerjasama dilakukan dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung Tengah.

"Vaksinasi menyasar semua kategori usia masyarakat meliputi anak 6–11 tahun, remaja, dewasa dan lansia. Vaksin booster untuk mencegah kemunculan varian baru Covid-19 yakni Omicron BA.4 dan BA.5. Binda Lampung berupaya mencegah penyebaran varian baru tersebut," terang dia. 

Kegiatan itu, kata dia, sesuai perintah Presiden Joko Widodo yang meminta BIN tetap melakukan vaksinasi ke seluruh masyarakat sampai pelosok di wilayah Lampung.

Kabinda Lampung menjelaskan saat ini sudah muncul varian baru dari Covid-19 yakni Omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia, sedangkan di Provinsi Lampung masih belum ditemukan.

Meskipun para ahli kesehatan menerangkan jika varian baru tersebut tidak memiliki bahaya seperti varian sebelumnya, Binda Lampung tetap mengantisipasi munculnya varian lain yang lebih berbahaya.

“Binda Lampung mengharapkan kesadaran masyarakat di Provinsi Lampung bahwa vaksinasi hingga dosis ketiga sangat penting sebagai penguatan kekebalan imunitas masyarakat serta tetap menerapkan protokol kesehatan setidaknya dengan memakai masker dan mencuci tangan,” pungkas Iwan Satriwan.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


Polres Pringsewu Baksos Pelayanan Kesehatan ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Polres Pringsewu menggelar bakti sosial pel ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com