Disdukcapil Lampura Terapkan Program 'Antrean Online'

Tanggal 14 Jul 2022 - Laporan Hamsah - 526 Views
Kepala Disdukcapil Lampura, Khairul Anwar.

MOMENTUM, Kotabumi--Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lampung Utara mulai menerapkan 'antrean online'. Program itu bertujuan mempermudah dan mengurangi waktu tunggu masyarakat.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Khairul Anwar mengatakan antrean online mulai diterapkan pada pekan ini. "Program ini sudah disosialisasikan melalui akun resmi dengan web side disdukcapil.lampungutarakab.go.id," ujar dia, Kamis 14 Juli 2022.

Melalui antrean online ini, masyarakat nantinya diharapkan tidak perlu lagi menunggu terlalu lama mengantre dalam mengurus Administrasi Kependudukan (adminduk) di Disdukcapil. 

"Intinya, program antrean online merupakan tindaklanjut Permen Nomor 108 tahun 2019 tentang persyaratan dan tata cara pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil dan juga menindaklanjuti arahan bupati Lampung Utara untuk berinovasi terhadap pelayan bagi masyarakat," urai Khairul Anwar.

Masih kata dia, di dalam antrean online ini masyarakat bisa mendaftar dri rumah dengan mengakses web side yang disediakan dan akan diverifikasi oleh petugas Disdukcapil untuk konfirmasi melalui email.

"Selain tidak akan menimbulkan kerumunan, antrean online juga bisa menghemat waktu masyarakat. Dengan adanya pendaftaran antrean online ini masyarakat nggak perlu lagi berjam-jam menunggu. Mereka bisa menentukan jadwal pertemuan, jadi nggak nunggu berjam-jam," kata Khairul.

Setelah mendaftar secara online, petugas akan memberikan balasan jawaban melalui email. "Di situ ada jamnya tanggalnya kapan untuk melakukan verifikasi ke Kantor Disdukcapil. Ada konfirmasinya," pungkas dia.

Langkah mudah lainnya, kata dia, masyarakat tidak perlu lagi mengurus surat pengantar dari RT, RW, desa, lurah dan camat. "Tinggal mengisi kolom yang disediakan dan langsung datang ke Disducapil," kata dia. 

"Ini Inovasi dari kita dalam mempermudah pelayanan terhadap masyarakat," ujarnya menegaskan.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Terkesan Mandek, Panitia Pemekaran DOB Natara ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Daerah Otonomi Baru (D ...


Lepas Kirab Marching Band, Gubernur: Berkreas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Lampung Dr (HC) Ir. Arinal Djun ...


Galang Dukungan Persiapan Pemekaran Kabupaten ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Pemekaran Daerah Otono ...


Pringsewu Mulai Terapkan TP2DD ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintahan Kabupaten Pringsewu mulai mener ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com