Berpenampilan Terbaik, Sembilan Personel Polisi Dapat Penghargaan dari Kapolres

Tanggal 18 Jul 2022 - Laporan Joko Sulistyo. - 473 Views
Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi memberikan penghargaan kepada anggotanya yang berpenampilan baik.

MOMENTUM, Pringsewu--Sembilan personel Polres Pringsewu mendapat penghargaan dari Kapolres AKBP Rio Cahyowidi karena dinilai berpenampilan terbaik.

Mereka terdiri dari delapan personel bintara dan satu personel aparatur sipil negara (ASN), menerima apresiasi berupa uang saku dari kapolres.

Peghargaan diberikan saat apel di mapolres setempat, Senin (18-7-2022). Kapolres Pringsewu secara mendadak melaksanakan pemeriksaan sikap tampang (performance) para personel Polres Pringsewu.

Dalam pemeriksaan tersebut Kapolres didampingi para pejabat utama Polres. Setiap personil yang hadir dicek mulai ujung kepala hingga ujung kaki seperti rambut, kumis, jenggot dan penggunaan gampol yang benar sesuai ketentuan.

Dalam pemeriksaan tersebut, Kapolres masih menemukan beberapa personil yang berpenampilan tidak sesuai ketentuan, seperti sepatu tidak disemir dan berjenggot.

Selanjutnya personil tersebut langsung dicatat oleh fungsi Propam dan diberikan teguran lisan untuk segera menyesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.

Tak hanya disitu, Kapolres Pringsewu dalam kesempatan tersebut juga memilih personel dengan penampilan terbaik. Hasilnya delapan personel Bintara dan satu personel ASN yang terpilih langsung diberikan penghargaan berupa uang saku.

Kapolres Pringsewu AKBP Cahyowidi dalam arahan apel mengatakan, bahwa setiap anggota Polri khususnya Personel Polres Pringsewu harus menjadi contoh bagi masyarakat baik cara berpakaian, penampilan dan perilaku terutama bagi anggota yang melakukan pelayanan langsung terhadap masyarakat.

Pengecekan ini dilakukan dengan tujuan untuk membiasakan anggota berpenampilan yang baik dan benar sesuai ketentuan institusi karena sikap tampang atau performance personel merupakan salah satu aspek pendukung dalam memberikan pelayanan prima.

Menurutnya, tampang yang baik akan meningkatkan kepercayaan dan kecintaan masyarakat terhadap Polri. "Apalagi personel yang menggunakan uniform (seragam) polisi sebaiknya sesuaikan dengan ketentuan yang berlaku. Begitupula dengan personel dari reskrim, narkoba dan intel agar tetap dijaga kerapian dan kebersihannya walau tidak menggunakan pakaian dinas polisi,” ucap Rio Cahyowidi.

Kemudian kepada sembilan personel yang berpenampilan terbaik, Kapolres meminta untuk terus dipertahankan dan berharap untuk ditiru oleh personel lainya.

"Pemberian reward ini sebagai salah bentuk apresiasi sekaligus memotivasi personel lainya,"ungkap Kapolres.

Lebih lanjut, Kapolres memerintahkan kepada seluruh personel untuk melaksanan tugas dengan profesional sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) dan menghindari segala bentuk pelanggaran.

"Baik itu pelanggaran etika, moral, kode etik ataupun tindak pidana yang dapat menurunkan citra pribadi dan institusi Polri,"imbuhnya. (*).

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Modus Rental, Oknum Warga Tulangbawang Gondol ...

MOMENTUM, Lambukibang--Unit Reserse Kriminal ( Reskrim ) Polsek L ...


Polisi Tangkap Pembuang Bayi di Tanggamus ...

MOMENTUM, Tanggamus - Tekab 308 Polres Tanggamus berhasil mengung ...


Diduga Saling Ejek di Instagram, Tawuran Tewa ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Aksi tawuran melibatkan dua kelompok rem ...


Niat Hati Kuasai Tanah Pasar, Kakam Bandarsar ...

MOMENTUM, Lampung Tengah--Persoalan kepemilikan tanah menjadi per ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com