Jelang Pemilu, Bawaslu Pesibar Siapkan Pembentukan Sentra Gakkumdu

Tanggal 27 Jul 2022 - Laporan Agung Sutrisno - 573 Views
Koordinasi Bawaslu Pesibar dengan Kejari Lampung Barat dalam rangka persiapan Pemilu 2024.

MOMENTUM, Krui--Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Barat mempersiapkan pembentukan sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

"Hari ini kita kunjungan ke Kejari Lampung Barat untuk mempersiapkan pembentukan sentra Gakkumdu," kata Ketua Bawaslu Pesisir Barat Irwansyah, Rabu (27-7-2022).

Menurut dia, persiapan itu dilaksanakan mengingat tahapan Pemilu telah dimulai sejak 14 Juni 2022.

"Koordinasi ini bagian dari tindaklanjut surat Ketua Bawaslu Republik Indonesia 247/PP.00.00/K1/07/2022 tentang Persiapan Pembentukan Anggota Sentra Gakkumdu Provinsi, Kabupaten/Kota," kata dia.

"Salah satu poin kerjasama antara Bawaslu dan Polri adalah penguatan Sentra Gakkumdu, sehingga melalui koordinasi ini Bawaslu berharap dapat terbangun sinergitas yang baik antara Bawaslu dan Polri serta Kejaksaan yang tergabung dalam Sentra Gakkumdu,” tambah irwansyah.

Anggota Bawaslu Pesisir Barat Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Abdul Kodrat mengapresiasi peran-peran Kejaksaan yang tergabung dalam sentra Gakkumdu pada pemilu 2019 dan pilkada 2020.

“Tentu kita berharap kepada personil yang nantinya ditugaskan oleh Kajari Lampung Barat dapat membangun sinergitas dalam melakukan penegakan hukum pemilu khususnya tindak pidana pemilu,” ujar Kodrat.

“Insya Allah juga nantinya kita melakukan penyamaan persepsi dalam persiapan Sentra Gakkumdu maupun pengamanan Pemilu Serentak 2024,” tambahnya.

Kajari Lambar Dedi Sutendi mengucapkan terimakasih atas kedatangan Bawaslu Pesisir Barat. "Ini merupakan awal dari kerja sama kita. Kejari Lampung Barat siap bersinergi dalam penanganan penanganan pelanggaran pidana pada Pemilu 2024," ujar Dedy.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Pertemuan Surya Paloh dan Prabowo, Herman: Ja ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pertemuan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh ...


Jelang Pilkada, Kepala Daerah Dilarang Rollin ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Beberapa bulan ke depan, sejumlah daerah ...


Gerindra Lampung Belum Fokus Pilkada 2024, Gi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Nama-nama kader Gerindra Lampung kian ha ...


PAN Lampung Fokus Jaring Calon Kepala Daerah, ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Menghadapi pemilihan kepala daerah (pilk ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com