PLN Manfaatkan Abu Pembakaran Batubara untuk Cor Jalan di Desa Sebalang

Tanggal 10 Agu 2022 - Laporan Nurjanah/Rls. - 440 Views
Jalan yang menghubungkan dua dusun di Sebalang, Tarahan, Lampung Selatan ini dibangun PLN menggunakan limbah abu pembakaran batubara atau FABA.

MOMENTUM, Katibung -- Perusahaan Listrik Negara (PLN) memanfaatkan limbah abu pembakaran batubara atau FABA (fly ash dan bottom ash) untuk bahan cor jalan di Desa Sebalang, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan (Lamsel).

Manajer PLN UPK Sebalang, Dwi Suprianto mengatakan jalan yang dibangun menggunakan FABA itu berukuran panjang 600 meter dengan lebar tiga meter dan tebal 15 centi meter. Menghubungkan Dusun Sinarlaut dengan Sebalang.

PLN terus menciptakan nilai dengan pemanfaatan FABA menjadi produk bernilai guna tinggi. Diantaranya, sebagai campuran dalam industri konstruksi dan infrastruktur.

Pada pembangunan jalan kali ini, kata dia, PLN memanfaatkan fly ash sebanyak 40 persen, bottom ash 40 persen, koral 12 persen, dan semen delapan persen. “Hasil kekuatan jalan beton tersebut setara dengan K225," jelasnya.

Pembangunan jalan melalui program PLN Peduli itu, kata dia, akan mempermudah mobilitas masyarakat, termasuk mengangkut hasil pertanian. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian.  Dalam proses pembangunan jalan tersebut, PLN melibatkan warga sekitar perusahaan sebagai pekerja.

Disebutkan, sepanjang tahun 2022, PLTU Sebalang per bulan Juli memanfaatkan 14 ribu ton FABA, baik untuk keperluan internal maupun eksternal. Selain untuk mengecor jalan, FABA juga digunakan program bedah rumah kaum duafa, dan pembuatan magic box pelestarian terumbu karang.

“Terima kasih atas kepedulian PLN kepada warga Sinarlaut. Mobilitas warga dan petani menjadi lebih  mudah, semoga PLN semakin maju dan terus berkontribusi hal-hal positif kepada warga,” terang Supriadi, warga setempat. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Komitmen Bayar SHT! PTPN I Tetap Erat Bergand ...

MOMENTUM, Jakarta--Peningkatan kinerja hingga kontribusi kepada n ...


BI Maksimalkan Penggunaan QRIS di Lampung ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lampung ...


BI: Ekonomi Lampung Triwulan I 2024 Tumbuh Me ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kinerja perekonomian Provinsi Lampung pa ...


Dukung Hilirisasi Energi, PGN Suplai Gas Bumi ...

MOMENTUM, Gresik – PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk mengoptim ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com