Dinsos Lamtim Perkuat Peran LKKS dan LK3

Tanggal 03 Agu 2022 - Laporan Arif Fahrudin - 525 Views
Pembukaan Pelatihan Penguatan LKKS dan LK3 di Kabupaten Lampung Timur

MOMENTUM, Sukadana--Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) merupakan forum koordinasi antar lembaga organisasi sosial sebagai representasi peran masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) Agus Subagyo saat membuka Pelatihan Peningkatan Kemampuan Sumber Daya Manusia dan Penguatan Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3). Pelatihan berlangsung di Hotel Aidia Metro, Rabu (3-8-2022).

"LKKS dan LK3 mempunyai peran penting dalam rangka penyelenggaraan kesejateraan sosial di Kabupaten Lampung Timur," ujar Agus Subagyo didampingi Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Hendro Syaefi.

Dia melanjutkan, saat ini berbagai permasalahan kesejahteraan sosial yang muncul pada masyarakat Indonesia sangat komplek, antara lain: menurunnya tingkat ekonomi, penyimpangan norma dan perilaku.

Meningkatnya masalah sosial, menurunnya kualitas kesehatan dan meningkatnya kriminalitas.

"Kita semua mempunyai peran untuk mencegah hal itu agar berbagai permasalahan seperti yang saya sebutkan tadi dapat diminimalisir dan dicegah dengan kekompakan kita semua," pintanya.

Menurut dia, pengentasan masalah sosial menjadi tugas bersama, termasuk LKKS dengan mengkoordinasikan  lembaga atau organisasi sosial.

Kemudian, membina berbagai organisasi kemasyarakatan, mengembangkan model-model kesejahteraan sosial sesuai perkembangan kondisi sosial daerah maupun dalam lingkungan masyarakat.

"Tugas lainnya adalah untuk menyelengarakan forum komunikasi serta konsultasi organisasi masyarakat. LKKS juga dapat membantu melakukan pendampingan yang bermanfaat untuk mewujudkan kesejahteraan sosial bagi masyarakat, khususnya di Kabupaten Lampung Timur," terangnya.

Acara yang berlangsung selama tiga hari tersebut juga dihadiri Ketua LKKS Lampung Timur Yus Bariah sebagai salah satu narasumber. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Lamsel Raih WTP Delapan Kali Berturut ...

MOMENTUM, Kalianda--Untuk kedelapan kali berturut, Pemerintah Dae ...


Estimasi Jadwal Keberangkatan JCH Lampung, Kl ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agam ...


BNPB Diminta Segera Tangani Masalah Banjir di ...

MOMENTUM, Mesuji -- Pemerintah Kabupaten Mesuji meminta Badan Nas ...


Kabupaten Mesuji Kembali Meraih WTP dari BPK ...

MOMENTUM, Mesuji -- Kabupaten Mesuji bersama 10 kabupaten/kota se ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com