Metro Masih Aman dari Penyebaran Campak dan Rubella

Tanggal 29 Agu 2022 - Laporan Rio - 573 Views
Ilustrasi/ist

MOMENTUM, Metro--Hingga saat ini, wilayah Kota Metro masih aman dari penyebaran penyakit campak dan rubella.  Data dinas kesehatan setempat menyebut, sejak Januari hingga akhir Agustus 2022, belum ada temuan atau laporan terkait kasus penyakit campak dan rubella. 

"Sampai saat ini belum ada kasus campak, tetapi ada juga data sample beberapa laporan masuk, yang terduga terjangkit campak," kata Sekretaris Dinkes Metro Redho Akbar, Senin (29-8-2022)

Meski demikian, Dinkes Metro tetap mengimbau masyarakat untuk melakukan imunisasi kepada putra-putrinya yang masih di bawah usia 12 tahun. 

"Sejak bulan Mei hingga 13 September mendatang, kita melaksanakan kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). Karena itu, kita mengimbau masyarakat yang memiliki anak di bawah usia dua belas tahun mengikuti kegiatan ini, untuk mendapat imunisasi pencegahan campak dan rubella," terangnya.

BIAN merupakan program imunisasi untuk anak-anak sekolah di bawah usia 12 tahun. Pelayanan BIAN dilakukan di rumah sakit, puskesmas, sekolah dan pondok pesantren. 

Dia mengimbau, masyarakat yang menemukan gejala campak pada anak-anaknya segera melakukan pemeriksaan ke puskesmas atau klinik kesehatan terdekat.

"Kita juga menepatkan kader surveilans di kelurahan yang bertugas mengirimkan sample kepada Dinas Kesehatan Metro terkait kasus campak dan rubella ini," ucapnya

Campak merupakan jenis penyakit yang mudah menular. Gejala umum yang dirasakan jika terjangkit penyakit tersebut: demam, kulit kemerahan, nafsu makan menurun dan merasa gelisah yang berlebihan.

"Apa bila merasakan gejala seperti itu, segera melakukan pemeriksaan kesehatan di puskesmas atau rumah sakit terdekat," imbaunya. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


Polres Pringsewu Baksos Pelayanan Kesehatan ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Polres Pringsewu menggelar bakti sosial pel ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com