ORARI Pringsewu Ajak Pramuka Gelar Jambore On The Air

Tanggal 31 Agu 2022 - Laporan Joko Sulistyo. - 331 Views
Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Daerah Lampung - Lokal Pringsewu kembali mengajak Gerakan Pramuka sejumlah kabupaten untuk menggelar Jamboree On The Air dan Jamboree On The Internet (JOTA-JOTI).

MOMENTUM, Pringsewu -- Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Daerah Lampung - Lokal Pringsewu kembali mengajak Gerakan Pramuka sejumlah kabupaten menggelar Jamboree On The Air dan Jamboree On The Internet (JOTA-JOTI).

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka yang digalan untuk mengelar JOTA-JOTI tersebut berada di wilayah kerja ORARI Lokal Pringsewu. Yaitu, Pesawaran, Tanggamus dan Pesisir Barat.

Ketua ORARI Lokal Pringsewu Fauzi (YD4SJB) mengatakan pihaknya siap membantu dan memfasilitasi serta mendampingi kwarcab-kwarcab tersebut guna mengikuti kegiatan kepramukaan tersebut yang akan digelar sekitar minggu ketiga Oktober mendatang.

"Sebab ORARI Lokal Pringsewu juga memiliki kewajiban untuk membantu memajukan Kwarcab di wilayah kerja ORARI Lokal Pringsewu,"jelas Fauzi, didampingi Sekretaris Lokal Indra  (YD4XGT) pada rapat persiapan Muslok yang dihadiri sejumlah pengurus dan anggota di Sekretariat ORARI Lokal Pringsewu, Rabu (31/08/22).

Fauzi yang juga Rektor Institut Teknologi dan Bisnis Bakti Nusantara (IBN) Lampung sekaligus Ka.Kwarcab Pringsewu menuturkan, secara teknis, kegiatan JOTA menggunakan perangkat radio amatir, dengan mode CW (morse), maupun SSB, pada high frequency (HF) yakni gelombang 40 dan 80 meter band.

Hal itu bertujuan dalam rangka memperkenalkan dunia amatir radio dan membantu anggota pramuka untuk dapat berkomunikasi dengan sesama anggota pramuka lainnya di seluruh dunia, atau untuk JOTA-JOTI nasional tentunya dengan sesama anggota pramuka dari berbagai provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia melalui perangkat radio amatir.

"Begitu pula dengan JOTI, yang pada prinsipnya sama dengan JOTA, namun sesuai dengan namanya Jamboree On The Internet, tentu perangkat yang digunakan adalah melalui fasilitas internet," jelasnya.

Dia menambahkan, selain JOTA-JOTI 2022, ORARI Lokal Pringsewu juga akan menggelar Special Event Station (SES) untuk beberapa event, diantaranya dalam waktu dekat adalah dalam rangka HUT Palang Merah Indonesia (PMI)

Terkait Musyawarah Lokal (Muslok) ORARI Lokal Pringsewu yang direncanakan akan digelar di Aula Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pringsewu di Gadingrejo pada  Oktober mendatang, pihaknya sedang mempersiapkan segala sesuatunya termasuk penyusunan kepanitiaan. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Muhammadiyah Lamteng Bahas Program Kerja ...

MOMENTUM, Terbanggibesar--Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Pimpin ...


Halalbihalal PWRI, Budiono Bakti Ungkap 13 Pi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Persatuan Wredatama Republik Indonesia ...


PTPN I Regional 3 Lepas Calon Jemaah Haji di ...

MOMENTUM, Semarang -- PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional 3 ...


Gelar Halal Bihalal, Bank Mandiri Siap Berkol ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bank Mandiri bersama Persatuan Wartawan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com