Terkait Penundaan Pilkades, Apdesi Lamtim Datangi Kemendagri

Tanggal 03 Sep 2022 - Laporan Arif Fahrudin. - 820 Views
Apdesi Lamtim mendatangi Kemendagri terkait penundaan pemilihan kepala desa.

MOMENTUM, Sukadana--Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) mendatangi Kantor Kementrian Dalam Negeri di Jakarta.

Kedatangan Apdesi Lamtim didampingi Ketua DPD Apdesi Provinsi Lampung Suhardi Buyung dan Ketua Umum DPP Apdesi Arifin Abdul Majid tersebut diterima perwakilan Dirjen Bina Pemedes Kemendagri Satria.

Perwakilan Apdesi Lamtim, Wahab menjelaskan usulan yang disampaikan agar dapat menjadi pertimbangan dalam menetapkan penundaan pilkades pada masa pemilihan umum 2024.

"Kami mengusulkan pilkades tetap dilaksanakan pada tahun 2023 dan pelantikan disesuikan dengan akhir masa jabatan kepala desa. Jika terjadi penundaan agar penjabat kepala desa dijabat oleh kepala desa (perpanjangan masa jabatan) dengan ketentuan tidak dihitung priodeisasi," kata Wahab, Sabtu (3-9-2022).

Kades Pasar Sukadana Delly Solthoni Sanjaya mengatakan secara umum usulan diterima dan akan dijadikan bahan pertimbangan dalam merumuskan dan menetapkan penundaan pilkades.

"Ini bukan hanya Lampung Timur saja yang mengusulkan termasuk kabupaten lain yang akan melaksanakan pilkades dan sudah mengusulkan hal yang sama," katanya.

Menanggapi hal tersebut, perwakilan Dirjen Bina Pemedes Kemendagri Satria membenarkan adanya rancangan penundaan pilkades yang telah dirumuskan dan dimusyawarahkan bersama pihak terkait diantaranya TNI Polri, terkait pengamanan pemilu 2024.

"Rancangan itu ada tapi belum kita bahas sampai tingkat daerah. Terkait usulan perwakilan Apdesi  nanti akan kami sampaikan kepada pimpinan dan semoga menjadi bahan pertimbangan dan mendapat persetujuan," kata Satria. (*)

Editor: Muhammad Furqon

Comment

Berita Terkait


Pemda dan DPRD Tubaba Sepakati Perubahan APBD ...

MOMENTUM, Panaragan -- Raperda tentang Perubahan APBD 2022 Kabupa ...


36 Orang Daftar Panwascam Metro ...

MOMENTUM, Metro--Sebanyak 36 orang telah mendaftar sebagai Paniti ...


Tingkatkan Elektabilitas Golkar, Edi Yonisa R ...

MOMENTUM, Bumiratunuban--Selain menjadi ladang ibadah dan membant ...


Golkar Gunungsugih Menyapa Warga dan Bagikan ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Pimpinan Kecamatan (PK) Golkar Gunungsug ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com