Lasqi Lambar Gelar Lomba Qasidah

Tanggal 07 Sep 2022 - Laporan Sulemy Wahyu. - 1193 Views
Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus menghadiri dan membuka Lomba Qasidah tingkat kabupaten di GOR Kawasan Setkuting Terpadu, Balikbukit.

MOMENTUM, Balikbukit -- Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menggelar lomba qasidah di Gedung Olahraga (GOR) Kawasan Sekuting Terpadu, Pekon Watas, Kecamatan Balikbukit, Lambar.

Lomba qasidah tingkat Kabupaten Lambar, diikuti 27 grup qasidah dari 15 kecamatan se-Lambar. Terdiri dari dua kelompok: remaja dan dewasa. Setiap grup beranggotakan 11 hingga 13 personel.

Kegiatan yang digelar Lasqi Kementerian Agama setiap tahun itu, dibuka oleh Bupati Lambar Parosil Mabsus pada Rabu, 7 September 2022.

Pada tahun ini, panitia menyediakan hadiah dan piala. Nilai uang pembinaan, secara berurutan, Rp5 juta, Rp3 juta, dan Rp2 juta. Untuk juara keempat diberi hadiah, berupa uang pembinaan Rp1 juta.

Bupati Parosil Mabsus mengatakan lomba qasidah yang digelar tersebut menarik perhatiannya. Sebab, sejak pandemi Covid-19 selama dua tahun, pada 2020 dan 2021, kegiatan tersebut tidak digelar.

"Tahun 2019 itu merupakan terakhir melaksanakan lomba qasidah seperti ini. Usai pandemi, baru tahun 2022 ini kita laksanakan lagi," sambungnya.

Parosil mengajak seluruh peserta qasidah untuk mengucap syukur, karena kegiatan tersebut dapat dilaksanakan kembali, dan hal itu merupakan satu bentuk ekspresi dalam mensyiarkan dakwah agama.

Dia mengajak peserta lomba menjadikan kegiatan tersebut untuk bersyukur. "Ini adalah cara kita berekspresi dalam mensyiarkan dakwah Islam," katanya.

Parosil juga menyatakan, kegiatan itu merupakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-31 Kabupaten Lampung Barat yang tepat jatuh pada 24 September 2022 nanti.

Menjelang akhir masa jabatan bersama wakilnya, Mad Hasnurin, Parosil mengatakan akan menggelar lomba untuk melestarian budaya di Lambar. Seperti lomba nyambai, orkes gambus, dan lomba qasidah.

Kegiatan itu akan dilaksanaan pada Novemer 2022 saat peresmian Gedung Budaya Pancasila yang berlokasi di komplek perkantoran Pemda Lampung Barat. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Artc Corner, Studio Lukis yang Menawarkan Art ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kabar gembira bagi pecinta seni di Banda ...


Puluhan Grup Nyambai Bertarung di Pesagi Cult ...

MOMENTUM, Liwa -- Puluhan grup nyambai bertarung dalam Pesagi Cul ...


Belasan Grup Ikut Festival Kuda Kepang di Pri ...

MOMENTUM, Pringsewu--Sedikitnya 15 grup kesenian kuda kepang dari ...


Pringsewu Bugekhok Festival Dihelat ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintah Kabupaten Pringsewu bersama  ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com