Pemkab Lamsel Terima Penghargaan UHC dari BPJS Kesehatan

Tanggal 15 Sep 2022 - Laporan Endri. - 540 Views
Deputi Direksi BPJS Wilayah Banten, Kalimantan Barat dan Lampung Lisa Nurena kepada Bupati Lampung Nanang Ermanto.

MOMENTUM, Kalianda--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC Award) dari BPJS Kesehatan.

Penghargaan diberikan karena kabupaten yang dipimpin Bupati Nanang Ermanto dinilai berkomitmen terhadap kualitas kesehatan masyarakatnya.

Berdasarkan data BPJS Kesehatan, Pemkab Lampung Selatan sukses mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC) pada tahun 2022.

Terhitung hingga 1 September 2022, penduduk Kabupaten Lampung Selatan yang terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sebanyak 1.023.968 jiwa atau 95,35 persen dari total jumlah penduduk 1.073.867 jiwa.

Capaian itu mengantarkan Kabupaten Lampung Selatan mencapai penghargaan Universal Health Coverage (UHC Award) dari BPJS Kesehatan Pusat.

Penghargaan diserahkan Deputi Direksi BPJS Wilayah Banten, Kalimantan Barat dan Lampung Lisa Nurena kepada Nanang Ermanto di Aula Sebuku, rumah dinas Bupati Lampung Selatan, Rabu (14-9-2022).

Nanang mengapresiasi dan mendukung Program UHC. Sebab, UHC adalah sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga masyarakat terjamin.

“Saya mengimbau kepada seluruh camat dan UPT kesehatan untuk tetap semangat melakukan pelayanan kesehatan meski ditengah kondisi inflasi saat ini. Jangan sampai capaian yang sudah baik ini tidak didukung dengan pelayanan yang baik juga,” tukasnya.

Nanang menyampaikan, bahwa Kabupaten Lampung Selatan sebagai kabupaten dengan jumlah penduduk terbesar keempat di Provinsi Lampung telah membuktikan keseriusan dalam mencapai target UHC.

Hal itu kata Nanang, menjadi bukti nyata kebersamaan dan gotong-royong yang terintegrasi antara Perangkat Daerah, sehingga UHC di Kabupaten Lampung Selatan dapat tercapai.

“Semua ini adalah komitmen pemerintah daerah, menjadikan program UHC sebagai kepastian Jaminan Kesehatan Masyarakat. Maka kita patut berbangga karena baru Kabupaten Lampung Selatan yang berhasil membuka program UHC untuk kriteria Kabupaten dengan jumlah penduduk besar,” kata Nanang.

Deputi Direksi Wilayah Banten, Kalimantan Barat dan Lampung Lisa Nurena mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan telah mencapai Universal Health Coverage (UHC).

“Capaian ini merupakan wujud nyata Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan telah hadir dan membuktikan kesehatan masyarakat Kabupaten Lampung Selatan,” kata Lisa Nurena.

Lisa Nurena meminta kepada Pemkab Lampung Selatan untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan jumlah kepesertaan JKN/KIS di wilayah Kabupaten Lampung Selatan. Sehingga seluruh penduduk di Kabupaten Lampung Selatan telah terlindungi jaminan kesehatan.

“Kami berharap kegiatan seremonial dan pemberian penghargaan UHC ini dapat menjadi semangat Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan untuk mewujudkan komitmen dan menjadi penggerak dalam meningkatkan keberhasilan implementasi program JKN/KIS yang akan meningkatkan kualitas kesehatan dari produktivitas masyarakat,” ujar Lisa Nurena.

Acara tersebut diahkiri dengan penandatanganan Prasasti Universal Health Coverage (UHC) Tahun 2022 oleh Bupati Lampung Selatan bersama Deputi Direksi BPJS Wilayah Banten, Kalimantan Barat dan Lampung serta penyerahan Piagam dan Plakat .(*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


Polres Pringsewu Baksos Pelayanan Kesehatan ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Polres Pringsewu menggelar bakti sosial pel ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com