Meriahkan HUT ke-77, PMI Pringsewu Gelar Donor Darah

Tanggal 19 Sep 2022 - Laporan Joko Sulistyo. - 431 Views
PMI Kabupaten Pringsewu gelar bakti sosial donor darah, cek jenis golongan darah dan vaksin Covid-19 di Hotel Urban Pringsewu.

MOMENTU, Pringsewu -- Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pringsewu melakukan bakti sosial donor darah dengan tagline Setetes Darah Anda, Nyawa untuk Mereka dalam rangka memperingati HUT ke-77 PMI.

Ketua PMI Kabupaten Pringsewu Fauzi menjelaskan, donor darah sekaligus pemeriksaan golongan darah gratis serta vaksin Covid-19 digelar di Urban Pringsewu, Senin (19-9-2022).

"Kegiatan ini terbuka untuk umum yang penting memenuhi persyaratan. Kami  menerjunkan puluhan petugas tenaga medis,"jelasnya.

Menurutnya, kegiatan itu merupakan program kerja PMI bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Pringsewu. Melibatkan sejumlah elemen yang ada di Pringsewu seperti FKPPI, Kwarcab Pramuka, ORARI, IBN Lampung, STIT, FIF Group, Apotik Ibnu Sina, BINDA Lampung dan pihak Hotel Urban Pringsewu.

Fauzi yang juga Ketua ORARI Lokal Pringsewu  menuturkan, kegiatan kali ini selain melibatkan masyarakat umum juga pelajar dari SMK YPT Pringsewu. "Alhamdulillah pesertanya membludak  lebih dari seratusan," katanya.

Namun khusus pelajar SMK YPT diprioritaskan untuk mengecek golongan darah. "Jika mereka mau mendonorkan darahnya diperbolehkan asal memenuhi persyaratan. Kami sengaja mencari pendonor darah milineal. Nanti pihak PMI akan memberikan sertifikat donor darah ,"jelasnya.

Kegiatan tersebut untuk membantu penyediaan darah di Kabupaten Pringsewu.

Wakil Bupati Pringsewu periode 2017-2022 mengatakan donor darah secara rutin, selain bermanfaat bagi kesehatan juga dibutuhkan bagi penerimannya. "Mari sukseskan kegiatan donor darah, bersama-sama sedekahkan darah kita. Setiap Donor Darah adalah Penyelamat Hidup," ajaknya.

Sementara Staf Ahli Setda Pringsewu Hipni mengapresiasi kegiatan positif oleh PMI setempat."Terbukti pelaksanaanya sukses peserta membludak dari berbagai unsur,"ujarnya.

Menurutnya, adanya rutinitas donor darah dari berbagai elemen, dapat menambah stok darah di UTD RSU Pringsewu."Sehingga jika ada yang membutuhkan darah, stok sudah tersedia dan tidak susah lagi mencarinya," imbu Hipni. (*)

Editor: Muhammad Furqon

Comment

Berita Terkait


Pemkab Lamsel Jalin Kerja Sama dengan Poltekk ...

MOMENTUM, Kalianda -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selat ...


Peringatan HKN ke-58, Musa Ahmad Ingatkan ten ...

MOMENTUM, Seputihagung -- Bupati Lampung Tengah (Lamteng), Musa A ...


IDI Diharapkan Terus Awasi dan Bina Profesi K ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ikatan Dokter Indonesia (IDI) diharapkan ...


Cegah Stunting, Tubaba akan Luncurkan e-Penti ...

MOMENTUM, Panaragan -- Pemkab Tulangbawang Barat (Tubaba) akan me ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com