Lomba Produk Unggulan Berpotensi, Empat Kerajinan Lampung Menang

Tanggal 25 Sep 2022 - Laporan - 384 Views
Caption: Penyerahan piagam kepada pemenang lomba unggulan berpotensi.// IST

MOMENTUM, Jakarta--Empat produk kerajinan Provinsi Lampung menang lomba produk unggulan berpotensi pada pameran Kerajinan Nusantara (Kriyanusa) yang diselenggarakan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas).

Masuknya empat produk kerajinan dari Provinsi Lampung sangat membanggakan. Karena dari 22 produk unggulan berpotensi yang diumumkan Dewan Juri Kriyanusa 2022, ada empat produk kerajinan Lampung.

Empat produk unggulan berpotensi yang menang dari Lampung yaitu; Tapis Cantik Mulang Tiyuh; Kota Bandarlampung karya Hj. Siti Rahayu. Sulam Jelujur Pesawaran, karya Heni Kristyowati, Tapis Kapal, Lampung Selatan, karya Yanti dan Sulam Jelujur Pesawaran, karya Sumaryanti.

Pemenang lomba produk unggulan berpotensi disampaikan Ketua Dewan Juri Hesti, pada penutupan Kriyanusa 2022, di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (25-9-2022) sore.

Menurut juri lomba produk unggulan berpotensi, kriteria penjurian diantarannya, produk orijinal, inovatis, marketability, keunikan desain.

Sebanyak 22 produk unggulan berpotensi yang menjadi pemenang Kriyanusa 2022 yaitu; Tenun Sunkit dari Kalbar, Tenun Sidan dari Kalbar, Outer Batik, dari DKI Jakarta, Cutting board juga dari DKI. Kain Tenun Sepang, Manggai Barat NTT, Bros Kulit Kerang Ukir dari NTTB, Tas Anyaman perak 925% dari Bali, Boks nyaman Bili dari Aceh Besar, Tas Pesta Kombinasi Ulos dari Medan.

Tapis Cantik Mulang Tiyuh dari Kota Bandarlampung karya Hj. Siti Rahayu Sulam Jelujur,karya Heni Kristyowati dari Pesawaran, Tapis Kapal, Lampung Selatan karya Yanti dan Sulam Jelujur, Pesawaran, karya Sumaryati.

Syal Ombre dari Banten, Tas Kaban dari Kota Balik Papan. Tas Anyaman daun Lontar, Sulawesi Selatan, Sarung selindang Songket Batik dari Sumatera Selatan, Kain Songket Nirmala dari Sumsel, Kain Tenun Gedong dari Jawa Timur, Kain Sutera Latar motif Materos dari Jawa Timur, Karpet Eceng Gondok dari Pasuruan Jawa Timur, Anting Kar dari Jawa Barat.

Sedangkan pemenang Lomba penataan stand dimenangkan oleh Dekranasda DKI Jakarta, Dekranasda Kalimantan Barat dan Dekranasda Kabupaten Aceh Besar. 

Penutupan Kriyanusa 2022 dilakukan oleh Ketua Pelaksana Liza Thohir, dihadiri Susana Masduki, Suparni Bahlil, Anna Plate, Hety Andhika. Juga dihadiri Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, Ketua Dekranasda Bali Putri Koster.

Menanggapi empat kerajinan Lampung menjadi pemenang lomba, Ketua Dekranasda Lampung Riana Sari Arinal saat dimintai keterangan mengucapkan alhamdulillah. Dari 22 pemenang lomba produk unggulan berpotensi, empat kerajinan Lampung menang merupakan kebanggaan bagi Provinsi Lampung. Artinya, lanjut istri Gubernur Lampung ini, pembinaan yang dilakukan Dekranasda Provinsi dan Dekranasda Kabupaten/Kota menuai hasil. (red)

Editor: Agung Darma Wijaya


Comment

Berita Terkait


'Ngabuburit' Sambil Melihat Satwa di Lembah H ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Taman Wisata dan Taman Satwa Lembah Hija ...


Lenovo Hadirkan Think Station P8, Workstation ...

MOMENTUM, Jakarta -- Lenovo meluncurkan Think Station P8 di Indon ...


BI Lampung Layani Penukaran Uang di Kapal Pel ...

MOMENTUM, Lampung--Bank Indonesia Provinsi Lampung memperluas lay ...


Safari Ramadan, PLN Nusantara Power Jamin Pas ...

MOMENTUM, Tarahan -- PT PLN Nusantara Power Unit Pembangkit Tarah ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com