Hadiri Ramah Tamah Irjen Kemendagri, Bupati Lambar Pamitan

Tanggal 02 Okt 2022 - Laporan Sulemy Wahyu. - 483 Views
Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus dalam ramah tamah Irjen Kemendagri Komjen Pol Tomsi Thohir di Lampung Barat.

MOMENTUM, Liwa -- Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Komjen Pol Tomsi Thohir menggelar ramah tamah di Gedung Dalom Kepaksian Pernong Batu Brak, Sabtu malam (1-10-2022).

Dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Lampung Barat (Lambar), Parosil Mabsus dan Mad Hasnurin, Anggota DPR-RI Mukhlis Basri, Sekretaris Daerah (Sekda) Lambar Nukman, Kapolres Lambar AKBP Heri Sugeng Priyanto, kepala perangkat daerah, camat dan peratin/kepala desa.

Sebelum memasuki gedung dalom, terlebih dahulu dilaksanakan acara adat oleh Kepaksian Pernong. Anggota DPR-RI, Bupati dan Wabup Lambar mengikuti nyambai bersama ibu-ibu Radin Minak Ayu Kusuma Kepaksian Pernong.

Dalam sambutannya, Bupati Lambar menyampaikan terima kasih kepada Tomsi sekeluarga besar yang berkenan bersilaturrahmi ke Lambar. "Beliau dipercaya menjadi Irjen di Kemendagri dan kenaikan pangkat menjadi bintang tiga, bukan hanya menjadi kebanggaan Lampung, tetapi kebanggan masyarakat Lampung Barat," katanya.

Pada kesempatan itu, Parosil berpamitan karena jabatannya sebagai bupati akan berakhir dua bulan lagi. Keberhasilan yang diraih selama memipin Lambar, kata dia, tidak terlepas dari dukungan Kepaksian Pernong.

Parosil kemuian mengutip pesan pemimpin adat Kepaksian Pernong, Edward Syah Pernong. "Pesan Pun Edward Syah Pernong bahwa adat merupakan salah satu perekat bangsa. Orang beradat pasti beradab," imbuhnya.

Sebagai sarana pelestarian adat, kata dia, Pemkab Lambar telah membangun Lamban Pancasila. Seni dan budaya gambus dan nyambai yang hampir terlupakan karena era modernisasi, kini tersedia sarana untuk dikembangkan.

"Jika orkes gambus dikemas dengan bahasa Lampung dan dapat disandingkan dengan bahasa musik, akan bagus. Tetapi harus ada komitmen dari seluruh lapisan masyarakat," katanya.

Sehingga diharapkan, ke depan, nyambai ini tidak hanya milik Lambar tapi milik bangsa Indonesia, tidak hanya tampil di Lambar tetapi dapat tampil di semua daerah," ujar Parosil.

Sementara Tomsi Thohir menyampaikan syukur atas kenaikan pangkat di Polri menjadi bintang tiga dan bisa bersilaturahmi dengan warga di kampung halamannya, Batu Brak. "Saya juga berterima kasih atas sambutan hangat ini," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Edward Syah Pernong menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Lambar yang selama ini turut mendukung kegiatan di Kepaksian Pernong.

"Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus selalu hadir dalam kegiatan-kegiatan di Kepaksian Pernong," ujarnya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Muhammadiyah Lamteng Bahas Program Kerja ...

MOMENTUM, Terbanggibesar--Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Pimpin ...


Halalbihalal PWRI, Budiono Bakti Ungkap 13 Pi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Persatuan Wredatama Republik Indonesia ...


PTPN I Regional 3 Lepas Calon Jemaah Haji di ...

MOMENTUM, Semarang -- PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional 3 ...


Gelar Halal Bihalal, Bank Mandiri Siap Berkol ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bank Mandiri bersama Persatuan Wartawan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com