Cegah Demam Berdarah, Sekolah Diminta Jaga Kebersihan Lingkungan

Tanggal 11 Okt 2022 - Laporan Rifat Arif. - 531 Views
Ilustrasi. Ist.

MOMENTUM, Gedongtataan--Sekolah di Kabupaten Pesawaran diimbau menjaga kebersihan lingkungan pada musim penghujan guna mencegah penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Imbauan itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pesawaran, Anca Martha Utama, Selasa (11-10-2022).

"Musim hujan seperti saat ini, pihak sekolah harus bisa menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Jangan sampai di sekolah menjadi sarang berkembang biaknya nyamuk yang bisa menyebarkan DBD," katanya.

Anca mengatakan, pihak sekolah harus mengadakan kegiatan bersih-bersih setiap minggunya, barang-barang yang berkemungkinan dapat menampung air harus dibersihkan atau dilakukan penutupan.

"Penyakit DBD ini bisa terjadi dimana saja, tidak menutup kemungkinan terjadi di lingkungan sekolah, maka dari itu untuk mengantisipasi ataupun meminimalisirnya, diperlukannya menjaga kebersihan lingkungan sekolah saat musim penghujan saat ini," sebutnya.

"Selain untuk menangkal penyakit DBD, dengan menjaga kebersihan lingkungan sekolah juga dapat meningkatkan kenyamanan anak murid dalam melakukan aktifitas belajar mengajar dalam kelas," kata dia.

Dia juga berpesan, apabila terjadi penyebaran penyakit DBD di lingkungan sekolah, pihak sekolah segera melaporkan kepada pihak Puskesmas, sehingga bisa langsung diambil tindakan.

"Kalau ada kasus DBD yang terjadi kepada anak murid, segera lapor kepada pihak Puskesmas terdekat, sehingga bisa langsung dilakukan fogging ataupun pemberian obat abate," katanya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Mahasiswa FEBI UIN RIL Jadi Presenter di Konf ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Lima belas mahasiswa Fakultas Ekonomi d ...


Sekolah Diminta Larang Siswinya Bersolek ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupate ...


Gelar Workshop Fundamental R, UIN RIL Perkuat ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) Pendidikan Matema ...


Gelar Bimtek MC, UIN RIL Cetak Pemandu Acara ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com