Lamteng Pantau Peredaran Obat Sirup yang Diduga Pemicu Gagal Ginjal Anak

Tanggal 25 Okt 2022 - Laporan Agus Setiawan. - 822 Views
Kepala Dinas Kesehatan Lampung Tengah, Otniel Sriwidiatmoko bersama Kepala Satpol Pamong Praja memantau peredaran obat sirup yang sementara dilarang dikonsumsi anak.

MOMENTUM, Bandarjaya -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung Tengah (Lamteng) melakukan sidak ke apotek dan toko obat untuk memantau peredaran obat sirup yang diduga memicu penyakit gagal ginjal pada anak.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Lampung Tengah, Otniel Sriwidiatmoko bersama Kepala Satpol Pamong Praja dan jajarannya sidak ke toko obat dan apotek di Bandarjaya, Senin (24-10-2022).

Otniel Sriwidiatmoko mengatakan, sidak tersebut merupakan instruksi Bupati Lamteng, Musa Ahmad guna memastikan penjual obat mengetahui tentang bahaya obat yang dilarang pemerintah.

"Beberapa obat yang dilarang dan yang masih berada di apotek telah diminta untuk disimpan ke tempat yang aman sampai dengan pihak PBF (produsennya) mengambil kembali obat tersebut," imbuhnya.

Menurut Otniel, Pemkab Lamteng akan memberikan sanksi kepada apotek yang masih menjual obat terlarang tersebut dan menyatakan pihaknya akan mengawasi apotek dan minta untuk tidak dijual ke masyarakat.

Dari kunjungan yang dilakukan, kata dia, beberapa apotek telah mengetahaui beberapa jenis obat sirup anak yang dilarang untuk dikonsumsi. Sehingga pada saat sidak, pihak apotek telah menyimpan ditempat khusus dan memasang peringatan agar masyarakat tidak membeli jenis obat terebut.

Seperti halnya pemilik Apotek Do'a Ibu, Imam mengatakan, telah mengetahui obat yang dilarang dijual. Menurut dia, pemerintah memiliki solusi untuk para pemilik apotek dan masyarakat.

Sidak yang juga diikuti Kadis Kominfo Lamteng, antara lain mendatangi Apotik Rafael, Apotik Persada, Apotik Marissa dan Apotik Do'a Ibu. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Pj Gubernur: Sarana dan Prasarana Layanan Kes ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Memberikan layanan kesehatan, memerlukan ...


Peringati HUT ke-63, IKWI Lampung Gelar Disku ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke ...


Pemkab Pandeglang dan Astra Financial Resmika ...

MOMENTUM, Pandeglang --  Puskesmas Pembantu (Pustu) Pakulura ...


Pemkot Metro Fasiliasi Tiga Pasien Jalani Per ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro memfasilitasi tig ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com