Bupati Pesawaran Promosikan Tenun Sulam Jelujur di Amerika Serikat

Tanggal 28 Okt 2022 - Laporan Rifat Arif. - 1220 Views
Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona saat menghadiri undangan Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat di Washington DC.

MOMENTUM, Gedongtataan--Pemerintah Kabupaten Pesawaran mempromosikan produk kerajinan khas daerah, tenun Sulam Jelujur di kancah internasional.

Promosi itu dilakukan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona saat menghadiri undangan Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika guna memamerkan kerajinan khas Pesawaran melalui Ocean City Washington DC di Amerika Serikat, Jumat (28-10-2022).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pesawaran Wildan mengatakan dalam ajang tersebut Indonesia diwakili oleh Kabupaten Pesawaran serta Provinsi Bali.

"Jadi, Pak Bupati ke Amerika berangkat ke Amerika setelah sebelumnya kita menerima undangan Kedubes Amerika agar hadir dan dapat memamerkan kerajinan Sulam Jelujur dan UMKM serta destinasi wisata yang kita miliki," Kata Wildan.

Menurut dia, keberangkatan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona didampingi Oleh Ketua Dekranasda Nanda Indira Dendi dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait serta pihak pengrajin atau pelaku Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM).

"Ada tiga kegiatan di sana, yaitu pada tanggal 26 Oktober ikut pameran di Gedung Kedubes RI di Amerika, Washington DC dan tanggal 29 Oktober diundang ramah tamah di Rumah Jabatan Kedubes RI di Washington DC, lalu tanggal 30-31 Oktober ikuti pameran di Ocean City Washington DC, " tuturnya.

Proses keberangkatan juga telah mendapat surat persetujuan dari Gubernur Lampung, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementrian Sekretariat Negara (Kemensesneg) setelah sebelumnya menerima surat undangan secara resmi dari Kedubes Amerika Serikat.

"Sekali lagi saya sampaikan, Pak Bupati ke Amerika itu membawa nama baik Pesawaran di acara Internasional. Pada kegiatan tersebut ada sekitar 300an peserta dari  berbagai negara, unsur dunia usaha, pengacara, unsur UMKM di AS, mahasiswa dan pelajar serta masyarakat umum yang ada di USA," sebutnya.

Wildan menegaskan, Sulam Jelujur merupakan karya UMKM yang menjadi kebanggaan Pemerintah Kabupaten Pesawaran dan menjadi kerajinan khas Bumi Andan Jejama.

"Setelah tampil di berbagai kesempatan ajang nasional dan berbagai manca negara, Sulam Jelujur juga baru saja mendapatkan penghargaan sebagai terbaik se-Provinsi Lampung pada acara Lampung Craft Ke-3 Tahun 2022," tegasnya.

Sebelumnya, Pesawaran menerima penghargaan dalam acara Lampung Craft ke-3 tahun 2022 pada kategori kerajinan terbaik 1 se-Provinsi Lampung beberapa waktu lalu.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi mengaku bahwa hal ini adalah kebanggaan masyarakat Kabupaten Pesawaran.

"Kalau kerajinan asal Pesawaran sudah diakui oleh masyarakat luar, tentunya ini dapat menghidupkan kembali perekonomian Pesawaran pasca pandemi, dan diharapkan juga dapat meningkatkan perekonomian para pengerajin," kata Nanda.

Diketahui, Sulam Jelujur merupakan khazanah kekayaan budaya asli Pesawaran dalam bentuk kain tenun yang diproduksi oleh masyarakat kabupaten setempat. Kain tersebut terinspirasi dari sejarah transmigrasi pada 1905 silam di Desa Bagelen, Kecamatan Gedongtataan. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Dukung Transisi Energi, Pertagas Jalin Kerja ...

MOMENTUM, Jakarta -- PT Pertamina Gas (Pertagas) dan PT Pertamina ...


Paca Idulfitri, PLN Nusantara Power Pastikan ...

MOMENTUM, Tarahan -- PLN Nusantara Power (PLN NP) memastikan selu ...


Denny Ramadhan: “Aksi Korporasi PTPN Group ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Pasca pembentukan Holding pada 2014, PT ...


Optimalisasi Aset Potensial, Menjadi Fokus Ut ...

MOMENTUM, Medan -- Setelah melebur ke dalam Supporting Co, P ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com