Peringati Hari Stroke Sedunia, Perdosi Gelar Pekan Sehat

Tanggal 30 Okt 2022 - Laporan Nurjanah/Rls. - 730 Views
Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (Perdosi) Cabang Bandarlampung menggelar beragam kegiatan memperingati Hari Stroke Sedunia.

MOMENTUM, Bandarlampung -- World Stroke Day atau Hari Stroke Sedunia diperingati pada 29 Oktober 2022. Momen ini dirayakan sebagai pengingat dan edukasi masyarakat tentang penyakit yang dapat menyerang siapapun, di usia berapapun.

Dalam memperingati hari stroke sedunia Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (Perdosi) Cabang Bandarlampung, menggelar kegiatan pekan sehat, Minggu, (30/10/2022), di Tugu Adipura, Bandarlampung).

Kegiatan tersebut diselenggarakan dengan beberapa rangkaian acara. Seperti senam sehat, pemeriksaan kesehatan (cek tensi, gula darah, kolesterol, dan asam urat), konsultasi  penyuluhan kesehatan, pembagian susu dan vitamin gratis. Semua kegiatan dilakukan gratis untuk masyarakat umum.

Roezwir Azhary, ketua Perdosi Cabang Bandarlampung didampingi sekretaris, Zam Zanariah, menyambut hangat masyarakat yang hadir mengunjungi tenda kesehatan untuk memeriksa kesehatan.

Masyarakat terlihat antusias melakukan pemeriksaan kesehatan terlihat dari data terkumpul total masyarakat hadir 123 orang dalam mengikuti acara tersebut, masyarakat mengantre dengan tertib dan tetap menerapkan prokes Covid-19 serta mematuhi peraturan dari tenaga medis di lokasi.

"Gerakan ini tidak hanya dimaksudkan untuk menambah tingkat kesadaran publik untuk mengurangi risiko terserang stroke, tapi juga bagaimana cara mendukung mereka yang berjuang melawan stroke sehingga selalu menerapkan pola hidup sehat", kata Roeswir.

"Dalam kegiatan ini masyarakat dapat mengikuti keseruan berbincang bersama ahli yang membahas seputar penyakit stroke. Masyarakat bisa bertanya seperti gejala atau tanda awal penyakit stroke, penyebab, penanganan hingga cara pencegahannya langsung kepada dokter spesialis saraf", tambah Roeswir.

Zam berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini, meningkatkan awareness terhadap penyakit stroke dan pelayanan terhadap komunitas khususnya pasien stroke atau pasien dengan risiko stroke tinggi.

Setiap orang, baik muda maupun tua dapat mencegah stroke dengan merubah gaya hidupnya.
Jadi, tidak perlu khawatir, semua penyakit dapat dicegah dengan berbagai cara tanpa terkecuali sakit stroke, katanya.

Pencegahannya dilakukan dengan cara mulai merubah kebiasan hidup menjadi lebih sehat, rajin berolahraga, rutin cek kesehatan, jangan membiarkan penyakit seperti hioertensi, diabetes, kolerstrol maka harus segera diobati, dan lain-lain.

"Hidup sehat, berolahraga, medical cek up rutin, dan jika ada penyakit (hioertensi, diabetes, kolestrol) segera diobati," kataya.

Suksesi acara tersebut tidak terlepas dari kerja panitia, dan tim tenaga medis dokter muda stase saraf dan juga suport dari berbagai farmasi diantaranya; Nulab Pharmaceutical, Kalbe, Mahakam, Landson, Mersi.

Turut hadir dalam acara tersebut, seluruh Dokter Spesialis Saraf di Lampung yang tergabung di Perdosi Cabang Bandarlampung. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Pj Gubernur: Sarana dan Prasarana Layanan Kes ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Memberikan layanan kesehatan, memerlukan ...


Peringati HUT ke-63, IKWI Lampung Gelar Disku ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke ...


Pemkab Pandeglang dan Astra Financial Resmika ...

MOMENTUM, Pandeglang --  Puskesmas Pembantu (Pustu) Pakulura ...


Pemkot Metro Fasiliasi Tiga Pasien Jalani Per ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro memfasilitasi tig ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com