Dinkes Pesawaran Bagikan Tips Jaga Kesehatan Pascabanjir

Tanggal 01 Nov 2022 - Laporan Rifat Arif. - 860 Views
Kadis Kesehatan Pesawaran Media Apriliana.

MOMENTUM, Gedongtataan -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pesawaran membagikan tips menjaga kesehatan kepada masyarakat yang berada di daerah yang terkena musibah banjir beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pesawaran Media Apriliana mengatakan, pascabanjir, risiko penularan dan terkena penyakit tertentu mengalami peningkatan.

Bahkan menurut dia, ada beberapa jenis penyakit langganan yang sering menyerang saat bencana alam tersebut terjadi, seperti penyakit kulit sampai gangguan pencernaan.

"Biasanya masyarakat yang berada di daerah yang terkena musibah banjir, sangat rentan terkena penyakit seperti penyakit kulit, diare, demam berdarah, infeksi saluran pernapasan akut sampai malaria. Hal ini yang perlu diwaspadai oleh masyarakat," katanya, Selasa (1-11-2022).

Apriliana mengatakan, untuk mengantisipasi penyakit pasca banjir, masyarakat diminta sebisa mungkin  menghindari kontak kulit dengan air selokan terutama kulit yang terluka, dan sebisa mungkin menjaga tubuh tetap bersih dan tertutup.

"Langkah tersebut untuk menghindari masyarakat terserang penyakit kulit, sedangkan untuk DBD dan malaria masyarakat diminta untuk menggunakan pakaian yang tertutup pada malam hari, hal ini bertujuan untuk menghindari masyarakat dari gigitan nyamuk," katanya.

Selain itu, lanjut dia, masyarakat diimbau agar menghindari konsumsi makanan yang sudah tercemar air banjir, dan yang paling utama masyarakat diminta memastikan air yang dikonsumsi bersih ataupun matang.

"Selalu cuci tangan dengan air bersih dan menggunakan sabun, terutama sebelum makan agar terhindar dari masuknya bakteri atau virus ke dalam tubuh melalui tangan, yang bisa mengakibatkan penyakit diare," imbaunya.

Dia meminta kepada masyarakat yang sudah mengalami gejala kurang sehat, untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin di posko-posko kesehatan yang disediakan.

"Segera periksa ke posko kesehatan yang ada di lokasi, apabila badan mulai terasa tidak enak, sehingga dapat langsung dilakukan penanganan cepat oleh pihak medis," katanya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Pj Gubernur: Sarana dan Prasarana Layanan Kes ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Memberikan layanan kesehatan, memerlukan ...


Peringati HUT ke-63, IKWI Lampung Gelar Disku ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke ...


Pemkab Pandeglang dan Astra Financial Resmika ...

MOMENTUM, Pandeglang --  Puskesmas Pembantu (Pustu) Pakulura ...


Pemkot Metro Fasiliasi Tiga Pasien Jalani Per ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro memfasilitasi tig ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com