Terobosan Baru, SMPN 14 Pesawaran Gelar Pemilihan OSIS Berbasis Digital

Tanggal 06 Nov 2022 - Laporan - 722 Views
Kepala SMPN 14 Kabupaten Pesawaran, Merry Wahyuni saat pemilihan OSIS setempat.

MOMENTUM, Bandarlampung--Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 14 Kabupaten Pesawaran menggelar pemilihan ketua dan wakil Organisasi Intra Sekolah (OSIS) berbasis digital.

"Ini merupakan terobosan baru dalam sistem pemilihan ketua OSIS," ujar Kepala SMPN 14 Kabupaten Pesawaran, Merry Wahyuni, di Desa Kecapi, Kecamatan Padangcermin, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, Minggu (6-11-2022).

Dia mengatakan, pemilihan ketua OSIS yang digelar pada Jumat (4-11) itu, sudah tidak lagi menggunakan kertas suara untuk dicoblos. Melainkan dengan sistem elektronik.

"Sesuai Visi misi sekolah kami: menuju sekolah berbasis digital, kami mencoba membuat terobosan baru, pemilihan OSIS dengan sistem elektronik. Jadi tidak menggunakan kertas untuk dicoblos, melainkan menggunakan chromebook (semacam laptop)," kata Merry.

Dalam proses pemilihan, panitia penyelenggara pemilihan OSIS di sekolah setempat tetap menggunakan bilik suara, dan perlengkapan pemilu pada umumnya.

"Jadi siswa-siswi ini dipanggil, diberi kartu sesuai nama yang terdaftar, juga diberi username dan password. Di bilik suara mereka tinggal klik calon yang mereka pilih (klik di chromebook). Selesai itu jari mereka diberi tinta. Sama seperti pemilu umumnya," jelas mantan Kepsek SMPN 30 Pesawaran itu.

Keuntungan dari metode tersebut, panitia pemilihan tidak perlu capek untuk menghitung perolehan suara. Karena dengan sistem digital hasil bisa di update setiap lima menit. 

Meski demikian, sistem tersebut tetap mengedepankan prinsip luber (langsung, umum, bebas, rahasia) dan jurdil (jujur dan adil).

"Harapan saya kedepan ini tidak hanya digunakan di sekolah kami, tapi di seluruh SMP di Pesawaran bisa menggelar pemilihan OSIS serentak. Jadi bisa mengajarkan siswa-siswi kita demokrasi sejak dini, seperti halnya pemilihan serentak di 2024 kedepan," harapnya.

Jika pemilihan OSIS digelar serentak se-kabupaten, sambung dia, pelantikan Ketua OSIS terpilih juga bisa dilakukan serentak, seperti halnya pelantikan kepala daerah.

"Jadi kita mengadopsi pelantikan pilkada serentak. Sehingga anak-anak ini benar-benar merasakan nuansa pemilu seperti halnya orang dewasa," jelasnya.

Ide cemerlang pemilihan berbasis digital muncul dibenak Merry, berawal dari visi-misi menuju sekolah digital.

"Kita sudah menggunakan ujian online, tidak berbasis kertas lagi. Sesuai keinginan menteri pendidikan, kita berbasis digital. Kemudian ada momen mau Pilkada 2024, maka kami buatkan projek pemilihan OSIS berbasis digital sesuai kurikulum merdeka yang semuanya diarahkan ke digitalisasi," paparnya.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Sekolah Diminta Larang Siswinya Bersolek ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupate ...


Gelar Workshop Fundamental R, UIN RIL Perkuat ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) Pendidikan Matema ...


Gelar Bimtek MC, UIN RIL Cetak Pemandu Acara ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024, Rekt ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com