BPBD Mesuji Sosialisasi Sip-Jitupasna

Tanggal 16 Nov 2022 - Laporan Arifin - 445 Views
Sosialisasi dan Simulasi Aplikasi Sistem Pelaporan Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (SiP-Jitupasna) yang diselenggarakan BPBD Kabupaten Mesuji

MOMENTUM, Mesuji--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mesuji menyelenggarakan Sosialisasi dan Simulasi Aplikasi Sistem Pelaporan Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (SiP-Jitupasna). Kegiatan berlangsung di aula kantor BPBD setempat, Rabu (16-11-2022).

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Mesuji Darul mengatakan, aplikasi SiP-Jitupasna merupakan suatu sistem pelaporan yang berbasis online (Google Form). Fungsinya sebagai media untuk membantu petugas di lapangan dalam pelaksanaan pendataan pengkajian  dampak kerusakan dan kerugian, pasca terjadi bencana.

"Sistem ini merupakan proyek perubahan di bidang penanggulangan bencana yang dilakukan oleh Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi sebagai bentuk transformasi dalam pelaporan dampak pasca bencana," terang Darul.

Melalui Sip Jitupasna,  lanjut dia, perangkat daerah  atau stakeholder terkait, dapat dengan cepat menyampaikan data kerusakan dan kerugian pasca bencana kepada  BPBD Kabupaten Mesuji. 

"SiP-Jitupasna masih menggunakan Google Form. Mudah-mudahan kedepanya (jangka menengah) dapat ditingkatkan menggunakan Aplikasi berbasis Web, sehingga data korban dan dampak akibat bencana dapat ditampilkan lebih akuntabel, efektif dan efisien,"  harapnya. 

Sosialissi diikuti: Camat Simpangpematang, perwakilan Disperkim, Dinkes, DPUPR Pertanian, Dinsos aparatur desa serta anggota TRC BPBD setempat. (**)


Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Pj Bupati Lambar Buka TMMD ke 120 ...

MOMENTUM, Airhitam--Penjabar Bupati Lampung Barat (Lambar) Nukman ...


Selama Sepuluh Tahun Terakhir, Pemprov Pertah ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung be ...


DPRD Umumkan Akhir Jabatan Gubernur Lampung P ...

MOMENTUM, Bandarlampung--DPRD Provinsi Lampung mengumumkan dan me ...


Gubernur Buka Lampung Craft V ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi dan Ketua Dekra ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com