PLN Peduli, Bangun Rumah dari Limbah FABA

Tanggal 22 Nov 2022 - Laporan Kontributor - 425 Views
Serah terima hasil pembangunan rumah menggunakan konstruksi berbahan limbah FABA

MOMENTUM, Sebalang--PT PLN (persero) kembali melakukan terobosan dalam pemanfaatan limbah dari proses pembakaran batubara pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

Kali ini, PT PLN membangun rumah dengan memanfaatkan _Fly Ash dan Bottom Ash_ (FABA) PLTU Sebalang menjadi material bangunan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Dalam seremoni peresmian rumah FABA di PLTU Sebalang, VP Pemanfaatan FABA PT PLN (Persero) Mustofa mengatakan, limbah FABA aman sebagai bahan konstruksi rumah.

“Program ini merupakan salah satu upaya PLN untuk memberikan manfaat khususnya FABA. Kami berharap kedepan program serupa akan lebih massif lagi dan PLN akan melibatkan masyarakat dan stakeholder sekitar, sehingga FABA PLN termanfaatkan dengan baik” katanya.

Manager UPK Sebalang Dwi Suprianto menjelaskan, program tersebut merupakan salah satu bentuk pemanfaatan FABA oleh UPK Sebalang.

Dwi menjelaskan selama periode 2022 UPK Sebalang telah memanfaatakan 26.488 ton faba dimana salah satunya adalah pembangunan rumah FABA.

“Melalui PLN Peduli, PLN telah berhasil membangun rumah FABA  dengan luas 36 M2. FABA tersebut dimanfaatkan untuk pembuatan batako, campuran semen untuk coran pondasi dan perekat dinding batako” embuhnya.

Nur’aini (60) penerima manfaat yang berlokasi dusun Sebalang FABA tak kuasa menahan haru. Setelah suaminya meninggal dunia, dirinya mengaku sudah lama menumpang di rumah keluarganya semenjak rumahnya roboh rusak parah akibat tertiup angin puting beliung.

“Alhamdulillah saya mengucapkan terimakasih banyak kepada PLN atas bantuannya, sehingga saya tidak menumpang lagi dan rumah ini jauh lebih layak” ujar Nur’aini.

Program pembangunan rumah FABA merupakan salah satu upaya meningkatkan pemanfaatan FABA. PLN telah menetapkan standarisasi seperti pencampuran FABA sebagai bahan adukan semen, pembuatan batako dari FABA, pembesian dan standar konstruksi dengan pemanfaatan FABA.

Tidak hanya pembangunan rumah FABA, UPK Sebalang pada tahun 2022 telah banyak memberikan manfaat  bagi masyarakat dan Kabupaten Lampung Selatan dengan pemanfaatan FABA.

Beberapa kegiatan seperti bantuan paving blok FABA untuk dunia pendidikan, pembangunan jalan sehingga terjadi peningkatan produktifitas dan perekonomian warga. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Dewan Pers Sebut Komite Publisher Rights Baka ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dalam waktu enam bulan terhitung sejak d ...


Perpres Publisher Rights Diterbitkan untuk Me ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kementerian Komunikasi dan Informatika R ...


PWI Lampung Matangkan Persiapan Diskusi dan B ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lam ...


Angkutan Lebaran 2024, ASDP Bakauheni Siapkan ...

MOMENTUM, Bakauheni--PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bak ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com