KTNA Apresiasi Program KPB

Tanggal 26 Nov 2022 - Laporan Rio - 299 Views
Bimtek Kelembagaan Kelompok Tani di Kota Metro, Lampung

MOMENTUM, Metro--Program  Kartu Petani Berjaya (KPB) yang gagas dan dilaksanakan Pemprov Lampung menuai apresiasi dari Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) setempat.

Ketua KTNA Provinsi Lampung Hanan A. Rozak. Dia mengatakan, program KPB sangat membantu petani, terutama dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pupuk bersubsidi dan permodalan usaha budidaya pertanian.

"Dengan KPB ini, anak-anak petani juga bisa mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan jenjang pendidikan hingga perguruan tinggi," kata Hanan, saat Bimtek kelembagaan kelompok tani bagi pengurud KTNA kecamatan, Duta KPB dan Gapoktan di 15 kabupeten/kota se-Lampung. Acara berlangsung di Kota Metro, Jumat (25-11-2022).

"Program KPB ini juga selalu kami ketengahkan dalam setiap rapat pembahasan di DPRD," kata Hanan yang juga menjabat anggota DPR RI dari Partai Golkar itu.

Menurut dia, program KPB merupakan sebuah terobosan yang harus cermati. "Kalau memang ini berhasil di Lampung, kenapa tidak dikembangkan di wilayah lain. Karena itu, KPB perlu terus dicermati," terangnya.

Menurut dia, sistem pemenuhan kebutuhan pupuk bersubsidi lewat program KPB lebih sederhana dibandingkan daerah lain

"Dengan KPB, petani sangat mudah mengakses pemenuhan pupuk bersubsidi. Bahkan, untuk kredit usaha rakyat (KUR) serta fasilitas asuransi, seperti BPJS tenaga kerja maupun asuransi usahanya," bebernya.

Sasaran akhir dari program KPB adalah meningkatkan kesejahteraan petani.

"Anggota KTNA ini semua petani. Saya sampaikan petani itu tidak hanya melulu memproduksi padi. Petani itu membutuhkan uang untuk kesejahteraan keluarganya. Itu yang menjadi tujuan utama KPB," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Staf Ahli Sekdaprov Lampung Sofyan mengatakan, penerapan aplikasi KPB terus disempurnakan.

"Kita terus sempurnakan program ini. Bahkan, sebentar lagi kita sudah mau launching tambahan layanan, sehingga layanan yang sekarang ini sudah terintegrasi semua," kata dia. 

Dia menjelaskan, saat ini Pemprov Lampung sedang mengembangkan program alsintan yang akan diluncurkan pada Desember mendatang. 

"Kita akan mengimplementasikan secara berjenjang dan kita lakukan secara serentak diiringi sosialisasi bimtek penerapan KPB," terangnya.

Bimtek di Kota Metro itu digelar di dua lokasi: Aula Gapoktan Sari Makmur, Kelurahan Tejosari, Kecamatan Metro Timur dan
Aula P4S Metro Lestari di Kelurahan Yosomulyo, Kecamatan Metro Pusat. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Krakatau Park Direncanakan Beroperasi April ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Krakatau Park yang berada di Bakauheni H ...


Hari Ini, Lampung Nihil Kasus Covid-19 ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Setelah sempat mengalami kenaikan, kasus ...


Penurunan Stunting Diperlukan Kerjasama Pempr ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Wakil Gubernur Chusnunia menargetkan, an ...


Andalkan 3K1W, Angka Stunting di Tubaba Terus ...

MOMENTUM, Panaragan--Upaya Pemkab Tulangbawang Barat (Tubaba) dal ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com