Kepala Perpusnas RI Resmikan Perpustakaan Daerah Kabupaten Mesuji

Tanggal 01 Des 2022 - Laporan Arifin. - 537 Views
Kepala Perpusnas RI bersama PJ Bupati Mesuji, Sekda dan Kadis Dispusar Kabupaten Mesuji saat meresmikan gedung layanan perpustakaan Kabupaten Mesuji.

MOMENTUM, Brabasan -- Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia (RI) Muhammad Syarif Bando meresmikan gedung layanan Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Mesuji yang terletak di Desa Brabasan, Kecamatan Tanjungraya, Rabu (30/11/2022)

Dalam sambutannya, Syarif Bando mengatakan, kita memiliki tugas yang sama yakni mencerdaskan anak bangsa, sebagai generasi penerus bangsa, bersatu kuat untuk menunjukkan bahwa Indonesia bisa sebagai pemain global.

Perpustakaan harus berkembang di era digital untuk mempercepat penyebaran pengetahuan dan informasi, terangnya.

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan, Syarif Bando mengajak seluruh sekolah di Mesuji gemar membaca. Salah satu kutipan buku yang pernah saya baca tentang manfaat buah kelapa terdapat tempurung kelapa bisa dibuat briket dan serabut kelapa yang menjadi branded di Eropa.

Sementara Sekda Kabupaten Mesuji Syamsudin saat membacakan sambutan Pj Bupati Mesuji Sulpakar mengatakan, perpustakan merupakan sebuah instansi untuk menyebarluaskan informasi.

Mengacu pada Undang-undang (UU) Nomor 43 Tahun 2007 Standar Nasional Indonesia mendefinisikan perpustakaan umum kabupaten atau kota merupakan perpustakaan yang diselenggarakan oleh pemerintah kabupaten atau kota.

Adapun tugas pokok yaitu, melaksanakan pengembangan perpustakaan di wilayah kabupaten atau kota serta melaksanakan layanan perpustakaan kepada masyarakat umum.

"Agar tidak membedakan usia, ras,agama, status sosial ekonomi dan gender, untuk mewujudkan masyarakat pembelajar sepanjang hayat," katanya.

Kemudian Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusar) Kabupaten Mesuji Gunarso menjelaskan, perpustakaan Kabupaten Mesuji pada 2023, akan mendapatkan bantuan buku bacaan dan pelengkapnya sebanyak Rp930 juta.

"Kami meminta penambahan mobil pusling untuk keliling sekolah, sebab satu mobil saha belum maksimal menjangkau seluruh sekolah di Mesuji," tandasnya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Mahasiswi Prodi Hukum Bisnis Darmajaya Muli T ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Mahasiswi Prodi Hukum Bisnis Institut ...


Gelar UTBK SNBT Hari Pertama, Unila Pastikan ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ujian tulis berbasis komputer (UTBK) sel ...


Mahasiswa Prodi IPII Raih Juara Lomba Gerakan ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Pe ...


Gelar Konferensi Internasional, Fakultas Syar ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Fakultas Syariah Universitas Islam Nege ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com