Buka Porprov IX, Gubernur Ingatkan Sportivitas

Tanggal 05 Des 2022 - Laporan Glenn KS - 475 Views
Seremoni pembukaan Porprov IX oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi

MOMENTUM, Bandarlampung--Sprotivitas adala ruhnya olahraga. Karena itu, semangat menjaga nilia-nilai sprotivitas dalam pertandinganolaharga menjadi suatu keharusan.

Pesan tersebut disampaikan Gubernur Arinal Djunaidi saat membuka Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IX Lampung di Stadion Pahoman, Bandarlampung, Senin malam (5-12-2022).

"Menang penting, tapi kemenangan tanpa sportivitas tiada nilainya. Jaga sportivitas dan semangat persaudaraan dalam mewujudkan Kejayaan Olahraga Lampung,” kata gubernur.

Gubernur berharap, perhelatan Porprov IX benar-benar menjadi ajang melahirkan atlet-atlet berprestasi untuk dipersiapkan menghadapi Pekan Olahraga Nasional tahun 2024 mendatang.

“Tunjukan kemampuan dan skil terbaik, tanpa menciderai nilai-nilai sprotivitas, sehingga Porprov ini bisa melahirkan atlet terbaik untuk dipersiapkan menjadi duta olahraga Lampung di ajang PON tahun 2024 mendatang,” harapnya.   

Sebelumnya, Ketua Pelaksana Porprov IX Lampung Desca Tama  Paksi Moeda dalam laporanya menyampaikan,  porprov IX  diikuti 4.932 atlet dan 1.230 official dari 15 kabupaten/kota se- Provinsi Lampung.

“Porprov ini merupakan estafet even atau ajang seleksi atlet untuk menghadapi Pekan Olaharaga Wilayah tahun 2023 dan Pekan Olaharaga Nasional tahun 2024 mendatang,” kata Desca yang juga menjabat Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Lampung itu.

Porprov IX mempertandingkan 33 cabang olahraga memperbutkan  887 medali emas, 887 perak dan 1.492 perunggu.

“Porprov ke IX mengusung "Menuju Era Emas PON 2024" dan dimulai sejak 4 hingga 12 Desember mendatang dan seluruh rangkaian kegiatannya dilaksanakan di Kota Bandarlampung,” terangnya.

Hal senada disampaikan, Ketua Umum  Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lampung Muhammad  Yusuf Sulfarano Barusman. “Selain ajang seleksi untuk Porwil dan PON, Porprov ini menjadi ajang evaluasi terhadap program pembinaan prestasi olaharaga di Provinsi Lampung,” kata Barusman.

Dia juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemprov Lampung yang telah mendukung penyelenggaraan even olahraga multicabang terakbar di daerah berslogan Sai Bumi Khua Jurai itu. 

 “Terima kasih kepada bapak gunbenur yang terus mendukung upaya KONI dalam meningkatkan prestasi olaharaga. Berkat dukungan gubernur Porprov ini bisa terselenggara,” ungkapnya.

Dia berharap, kelak Porprov dapat kembali dilaksankan bergilir di seluruh kabupaten/kota.

Dia berharap, kedepannya Porprov IX dapat dilaksanakan secara bergilir di daerah masing-masing untuk meningkatkan antusiasme terhadap olahraga. “Pelaksanaan porprov secara begilir  sangat penting. Salah satunya, sebagai sarana pemerataan upaya peningkatan prestasi, termasuk sarana dan prasarana  olahraga di seluruh kabupaten kota,” harapnya.

Pembukaan Porprov IX Lampung ditandai dengan penyalaan obor oleh Gubernur Arinal Djunaidi didampingi Wakil Ketum III KONI Pusat Tursandi Awli. Seremoni pembukaan juga dimeriahkan penampilan group band ibukota The Virgin (**) 

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Besok, KONI Pringsewu Rapat Kerja Bahas Tiga ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Komiter Olahraga Nasional (KONI) Kabupaten ...


Gita Kurniawan Pimpin PODSI Lampung ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gita Kurniawan terpilih sebagai Ketua Pe ...


Rahmat Mirzani Ajak Warga Nobar Semifinal AFC ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Anggota DPRD Provinsi Lampung, Rahmat Mi ...


Lima Ribu Pelari Meriahkan Lampung Half Marat ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ribuan pelari dari lokal, nasional dan i ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com