Kasus DBD di Tanggamus Menurun

Tanggal 01 Nov 2017 - Laporan - 844 Views
Illustrasi./Net.

Harianmomentum.com--Sejak Januari hingga Okteber 2017 terjadi penurunan kasus penularan penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Tanggamus, dibanding tahun 2016.

 

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tanggamus Tamanprasi, mengatakan hingga saat tecatat 39 kasus DBD. 

 

“Jumlah ini menurun jauh dibanging tahun 2016. Tahun lalu  pada periode yang sama tercatat ad 386 kasus DBD,” kata Tamanprasi mewakili Kepala Dinkes Tanggamus Sukisno, Rabu (1/11).

 

Menurut dia, penurunan kasus DBD itu tidak lepas dari upaya dinkes melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk membiasakan pola hidup bersih dan sehat, khususnya tata cara pencegahan penularan penyakit DBD.

 

“Kita terus mensosialisasikan gerakan pemberantasan sarang nyamuk ke masyarakat, bahkan dibeberapa kecamatan, kami bekerjasama dengan aparat setempat melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk. Kemudian kita juga bekerja sama dengan pihak sekolah-sekolah mensosialisasikan masalah ini,” terangnya.

 

Tamanprasi menambahkan, dari jumlah 39 kasus DBD  itu, yang terbanyak berada di wilayah tugas Puskesmas Kotaagung mencapai delapan kasus. Selanjutnya di wilayah Puskesmas Talangpadang dan Rantautijang  masing-masing tujuh kasus, Gisting dan Pulaupanggung masing-masing tiga kasus.

 

Kemudian: Negeribatin dan Margoyoso, Buloksukamara masing-masing dua kasus. Sudimoro, Sukaraja, Pasarsimpang, Waynipah dan Antarbrak masing-masing satu kasus.

 

"Satu dari 39 penderita DBD tersebut meninggal dunia setelah mendapat  perawatan di Puskesmas Margoyoso kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Kotaagung, namun pihak keluarga membawa pulang pasien," ungkapnya. (zal)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kasus DBD di Metro Meningkat Drastis ...

MOMENTUM, Metro--Jumlah kasus penularan penyakit deman berdarah d ...


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


Dinkes Mesuji Catat 100 Kasus DBD ...

MOENTUM, Mesuji--Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji mencatata selam ...


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com