Gandeng APINDO Lampung, CCEP Indonesia Gelar Apresiasi Bina UMKM Merdeka Belajar

Tanggal 14 Des 2022 - Laporan - 406 Views
Suasana kegiatan apresiasi Bina UMKM Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Poolside Sheraton Hotel Bandarlampung, Rabu (14-12-2022).

MOMENTUM, Bandarlampung--Coca-Cola Europacific Patners (CCEP) Indonesia menggandeng Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Provinsi Lampung menggelar bina UMKM Merdeka Belajar Batch 1. Kegiatan dilaksanakan guna mendorong kemajuan UMKM dan memberi peluang bagi mahasiswa untuk mendapatkan kesempatan belajar nyata di lapangan.

Ketua APINDO Lampung, Arry Meizari mengatakan, peran UMKM sangat besar dalam mendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia, dengan jumlahnya mencapai 64,2 juta dari keseluruhan unit usaha.

"Kontribusi UMKM terhadap PDB-produk domestik bruto-juga mencapai 56-59 persen, dan terhadap penyerapan tenaga kerja mencapai 97 persen secara nasional. Sehingga sudah selayaknya kita bersama-sama untuk mendorong kemajuan UMKM agar terus tumbuh," kata dia, di Poolside Sheraton Hotel Bandarlampung, Rabu (14-12-2022).

Selain itu, menurut dia, kita juga berkewajiban untuk memberikan kesempatan generasi muda khususnya genZ dan milenial sebagai pasar penggerak ekonomi masa depan masuk dalam pembelajaran ini.

"Hal ini merupakan peluang dan tantangan bagi Lampung di Sumatera, baik di masa sekarang maupun masa depan. Karena, generasi inilah yang berpotensi menjadi aktor pembangunan yang akan menentukan masa depan Indonesia," jelas Arry.

Dia juga menyebutkan, tantangan UMKM ke depan harus diatasi bersama oleh semua stakeholder terkait seperti legalitas atau perizinan, manajemen, inovasi dan teknologi, literasi digital, produktivitas, keberlanjutan usaha, pembiayaan, branding, pemasaran, mindset, motovasi, SDM, standarisasi-sertifikasi, pemerataan pembinaan hingga pelatihan.

Direktur MKBM IIB Darmajaya, Dr Said Hasibuan menilai, program Bina UMKM CCEP Indonesia bersama APINDO tepat dan sangat efektif bagi proses pembelajaran mahasiswa dalam merubah orientasi dari hanya mencari pekerjaan menjadi pencipta lapangan kerja. "Karena pengalaman singkat lapangan yang mahasiswa dapatkan dari program Bina UMKM Merdeka Belajar Kampus Merdeka telah membuat mereka menemukan peta alternatif mencapai sukses setelah kuliah," kata dia.

Selain itu, pelatihan pendampingan yang ditinjau setiap bulannya telah menunjukkan perubahan yang cukup signifikan bagi para pelaku UMKM. Dalam rancangan bersama APINDO Lampung bekerjasama dengan IIB Darmajaya, CCEP Indonesia mendorong kemajuan UMKM di provinsi setempat.

Dari itu, 10 UMK yang lolos seleksi 50 orang mahasiswa peserta program MBKM dengan 10 grup pendamping telah bekerja keras dan berupaya membangun kolaborasi menemukan masalah serta melakukan inovasi guna menjawab berbagai tantangan UMKM ke depan.

Dalam kegiatan itu, UMKM unggulan, mahasiswa pendamping tangguh, dan mentor favorit hingga UMKM Disabilitas binaan turut menerima apresiasi atas upayanya menjalankan program tersebut.

Head of Corporate Communication CCEP Indonesia, Ardhina Zaiza mengatakan, program ini memiliki peran mendorong pertumbuhan UMKM dan membina lahirnya calon pemimpin usaha dari kalangan muda sebagai motor penggerak ekonomi. "Kami ingin tumbuh bersama mempersiapkan generasi muda untuk membangun optimisme, melihat peluang hingga berani mencoba serta menjalankan prose pembelajaran meraih sukses yang lebih baik demi hari ini dan masa depan," pungkas dia.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


HUT ke-59, PGN Tegaskan Rencana Strategis Dor ...

MOMENTUM, Jakarta--PT PGN Tbk tepat berusia 59 tahun pada 13 Mei ...


Stan Dekranasda Pringsewu Terbaik Pertama Lam ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasd ...


Komitmen Bayar SHT! PTPN I Tetap Erat Bergand ...

MOMENTUM, Jakarta--Peningkatan kinerja hingga kontribusi kepada n ...


BI Maksimalkan Penggunaan QRIS di Lampung ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lampung ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com