KPU Waykanan Siap Kedepankan Tujuh Prinsip Penataan Dapil

Tanggal 20 Des 2022 - Laporan Novitasari - 412 Views
Komisioner KPU Waykanan mengikuti Rakor Pencermatan dan Rekapitulasi Rancangan Dapil se-Provinsi Lampung.

MOMENTUM, Bandarlampung--Daerah pemilihan (KPU)  merupakan area kompetisi bagi peserta pemilu. Karena itu,  dalam proses penyusunan dapil, komisi pemilihan umum (KPU) harus mencermati dan mengkaji secara seksama berbagai masukan yang disampaikan dalam uji publik penataan dapil.

Terkait hal tersebut, jajaran komisioner KPU Kabupaten Waykanan melaksanakan seluruh proses penataan dapil sesuai regulasi yang berlaku. Kesiapan tersebut disampaikan  Ketua KPU Waykanan Refki Dharmawan usai mengikuti rapat koordinasi Pencermatan dan Rekapitulasi Rancangan Dapil se-Provinsi Lampung. Rakor yang diselenggarakan KPU Provinsi Lampung itu berlangsung di Hotel Emersia, Bandarlampung, 20-21 Desember 2022.

"Intinya, kami (KPU Waykanan) siap melaksanakan seluruh tahapan dalam proses penataan dapil sesuai regulasi yang berlaku, "' kata  Refki.

Selain Refki, turut dalam rakor tersebut, para komisioner KPU Waykanan: Noprisyah Harianto, Doan Endedi, Tri Sudarto, O Gede Klipz Darnaja. Termasuk Sekretatis KPU Waykana  Arifin dan Staf Teknis Hasta Setiawan.

Sebelumnya, pada rakor tersebut, Ketua KPU Provinsi Lampung Erwan Bustami mengatakan, proses penyusunan dapil  harus berpedoman pada tuju prinsip: kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional. Kemudian: proporsionalitas, integralitas wilayah, berada dalam cakupan wilayah yang sama, kohesivitas dan kesinambungan. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


KPU Lampura Tetapkan 45 Caleg Terpilih Pemilu ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampu ...


Mantan Bupati Lampung Timur Daftar Cawagub di ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Wakil Sekretaris Jenderal DPP PAN, Irfan ...


Herman HN Lamar Jadi Bakal Cagub Lewat Demokr ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua DPW Nasdem Lampung, Herman HN mela ...


Gelar Nobar Piala Asia U23, Rahmat Mirzani Di ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kegiatan nonton bareng (nobar) pertandin ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com