Ari Dharmastuti: 40 Persen Perempuan Pernah Alami Kekerasan

Tanggal 21 Des 2022 - Laporan Arifin. - 387 Views
Ari Dharmastuti (kiri) dalam seminar memperingati Hari Ibu ke-94 di Mesuji.

MOMENTUM, Mesuji -- Penasehat Forum Puspa Propinsi Lampung, Ari Dharmastuti, menyatakan kasus kekerasan terhadap perempuan dari tahun ke tahun terus meningkat.

"Berdasarkan hasil penelitian, 40 persen perempuan pernah mengalami kekerasan dalam hidupnya. Setidaknya kekerasan verbal berupa ucapan yang sifatnya merendahkan harga diri perempuan," terang Ari dalam seminar memperingati Hari Ibu ke-94 Tahun di Mesuji, Rabu (21-12-2022).

Seminar mengusung tema: Perempuan Terlindungi, Perempuan Berdaya. Diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Mesuji di aula pemkab setempat.

Selanjutnya, Ari yang juga dosen di Universitas Lampung (Unila), mengatakan kekerasan verbal yang terjadi terus-menerus akan mengakibatkan perempuan kehilangan kepercayaan diri, introvert dan tidak dapat mengembangkan potensi diri.

Padalah dalam UU No 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual dinyatakan bahwa keterangan saksi korban, ditambah satu alat bukti lainnya sudah cukup untuk menangkap pelaku, lanjutnya.

Karena itu, semua pihak dapat bersinergi dengan pemerintah dalam upaya mencegah kekerasan terhadap perempuan. Selain itu, perempuan harus mampu melindungi diri dari berbagai kekerasan, baik didalam rumah maupun di luar. Perempuan harus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan agar menjadi perempuan berdaya," tandasnya.

Sementara Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Sakroni mengatakan banyak perempuan korban kekerasan yang enggan melapor kepada aparat penegak hukum dengan berbagai alasan. "Sehingga menyebabkan pelaku kekerasan tidak diproses hukum," katanya mewakili Pj Bupati Mesuji, Sulpakar membuka seminar itu.

Kepala Dinas PPPA Mesuji Sripuji Haryanthi  mengatakan, perlindungan terhadap perempuan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, akan tetapi menjadi tanggung jawab bersama seluruh elemen masyarakat.

Seminar diikuti antara lain unsur perangkat daerah, TP PKK dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa, organisasi kemasyarakatan. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024, Rekt ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Mahasiswi Prodi Hukum Bisnis Darmajaya Muli T ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Mahasiswi Prodi Hukum Bisnis Institut ...


Gelar UTBK SNBT Hari Pertama, Unila Pastikan ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ujian tulis berbasis komputer (UTBK) sel ...


Mahasiswa Prodi IPII Raih Juara Lomba Gerakan ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Pe ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com