Batubara di Mesuji Mulai Diuji Sample

Tanggal 21 Des 2022 - Laporan Arifin - 685 Views
Salah satu lokasi penggalian sample batubara di Kabupaten Mesuji

MOMENTUM, Tanjungraya--PT Indotex Pratama Jaya Lampung telah melakukan proses penggalian untuk mengambil sample batubara di wilayah Kabupaten Mesuji. Penggalian sample tersebut dilakukan di dua lokasi: Desa Trikarya Mulya, Kecamatan Tanjungraya dan Desa Fajarbaru, Kecamatan Pancajaya.

Staf PT Indotex Pratama Jaya Lampung Sukoco mangatakan, ada 70 titik lokasi penggalian sample batubara. "Kedalaman setiap titik lokasi penggalian rata-rata 20 meter. Saat ini proses penggalian dihentikan sementara, menunggu hasil uji laboratorium sampel batubara," kata Sukoco pada Harianmomentum melalui telepon, Rabu (21-12-2022).

Hal senada disampaikan Comunity Development PT Indotex Pratama Jaya Lampung Abdul Hamid. Lokasi penggalian sample batubara itu berada di lahan perkebunan sawit, singkong dan karen  milik warga. 

"Jarak setiap titik penggalian lebih kurang 400 meter. Sebelumnya kita juga sudah melakukan sosialisasi dan pemahaman pada warga, bahwa penggalian batubara ini hanya untuk pengambilan sample," kata Abdul Hamid.

Nantinya, lanjut dia,  jika memang akan dilakukan penambangan tentunya akan dilakukan sosialisasi lanjutan agar tidak terjadi sengketa lahan dengan warga.  

Baca juga: Belasan Desa Punya Potensi Batubara

Terpisah, Ketua DPRD Kabupaten Mesuji Elfianah mengatakan, penggalian untuk pengambilan sample batubara itu sah-sah saja dilakukan. 

"Untuk penggalian sample ini, pihak perusahaan sudah mengantongi izin dari Pemerintah Provinsi Lampung dan Pusat. Namun, jika untuk dilakukan penambangan, perlu kajian lebih lanjut karena sepertinya batubara kita masih terlihat muda dan berkalori rendah, kalau diambil gas alam tidak apa-apa," kata Effianah. (**) 

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Delapan Pejabat Eselon II di Tanggamus Dimuta ...

MOMENTUM, Tanggamus--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan ...


749 Pegawai di Tanggamus Terima SK PPPK ...

MOMENTUM, Tanggamus -- Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irs ...


FGD DLH Pesibar, Instrumen Lingkungan Harus M ...

MOMENTUM, Krui -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesisir ...


Warga Bulukerto Berharap Perbaikan Jembatan G ...

MOMEBTUM, Gadingrejo--Masyarakat Pekon Bulukarto, Kecamatan Gadin ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com