Puskesmas Rawat Inap Tanjungbintang Jadi Puskesmas PONED

Tanggal 27 Des 2022 - Laporan Endri Gunawan - 473 Views
Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto pada peresmian Puskesmas Rawat Inap Tanjungbidang jadi puskesmas PONED.

MOMENTUM, Tanjungbintang--Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto meresmikan Puskesmas Rawat Inap Tanjungbintang sebagai puskesmas pelayanan obstetri neonatal emergensi dasar (PONED), Selasa (27-12-2022).

PONED merupakan layanan kesehatan yang disediakan oleh puskesmas rawat inap terkait kasus emergensi obstetri dan neonatus tingkat dasar selama 24 jam sehari dan tujuh hari dalam seminggu.

Turut hadir, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Selatan Thamrin, anggota DPRD Lampung Selatan Asmara, jajaran Kepala Perangkat Daerah, Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Selatan Winarni dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Lampung Selatan Yani Thamrin.

Kegiatan yang diawali senam bersama, juga diisi dengan makan buah dan sayur bersama, refresing kader, donor darah, atraksi PMR, pengobatan gratis, deteksi dini PTM, dan pemberian penghargaan kepada posyandu teladan se-Kecamatan Tanjungbintang.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, Hari Surya Wijaya melaporkan, Puskesmas Tanjungbintang merupakan puskesmas rawat inap yang memiliki 10 tempat tidur, termask untuk persalinan.

Menurut dia, saat ini Lampung Selatan memiliki 20 puskesmas dengan layanan USG, termasuk Puskesmas Tanjungbintang.

Puskesmas rawat inap dengan pelayanan persalinan, kata dia, sangat penting didukung pelayanan PONED. Sehingga dapat menurunkan tingkat kematian ibu dan bayi.

“Puskesmas rawat inap ini mampu menyelenggarakan pelayanan obstetri dan neonatal emergensi/komplikasi tingkat dasar dalam 24 jam sehari dalam 7 hari seminggu untuk memberikan pelayanan kesehatan terhadap ibu hamil, bersalin dan nifas serta bayi baru lahir,” jelasnya.

Semntara Nanang mengatakan, masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas kesehatan ini secara optimal. Ia menyebut, puskesmas PONED dapat membantu menangani kesehatan ibu hamil sekaligus diharapkan akan mampu menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

“Saya minta puskesmas PONED ini siap 24 Jam memberikan pelayanan , tenaga medisnya harus benar-benar di persiapkan. apalagi layanan BPJS di Lampung Selatan alhamdulilah sudah 97% lebih, sehingga masyarakat bisa berobat gratis dimana pun di seluruh puskesmas di Lamsel,” ujar Nanang.

Selain itu, menurut Nanang, kemampuan dan kontribusi tenaga medis juga harus ditingkatkan, bukan saja fasilitas puskesmas yang sudah memadai, akan tetapi pelayanan tenaga medis menjadi sangat penting untuk menjadi perhatian.

“Jangan sampai ada persepsi buruk ditengah masyarakat kita, bahwa mereka tidak mendapat pelayanan yang baik. Mari kita tingkatkan fasilitas kesehatan diiringi dengan layanan yang maksimal kepada masyarakat,” terang Bupati.

Pada kesempatan itu, dia juga turut melakukan pengecekan kesehahatan di halaman puskesmas rawat inap Tanjungbintang.(*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com