Dinkes Mesuji Adakan Pemeriksaan IVA Gratis di 14 Puskesmas

Tanggal 08 Feb 2023 - Laporan Arifin. - 422 Views
Ilustrasi.Ist.

MOMENTUM, Mesuji -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mesuji mengadakan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) gratis untuk ibu-ibu usia produktif di 14 puskesmas.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Mesuji, Suyono mengatakan pemeriksaan IVA merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim secara dini.

Sejak kegiatan itu dilakukan pada awal Februari 2023 di 14 puskesmas yang ada di Mesuji, kata dia, terdapat 299 ibu-ibu usia produktif, 30-50 tahun yang terindikasi IVA. "Data sementara akan bertambah setiap bulan," katanya, Selasa (7/2/2023)

"Kami terus berupaya meningkatkan jumlah wanita yang menjalani pemeriksaan IVA. Tahun lalu yang diperiksa sebanyak 1.608 orang, 41 terindikasi dan 5 positif IVA," katanya.

Dia meminta masyarakat untuk tidak segan melakukan pemeriksaan IVA guna deteksi dini penyakit kanker leher rahim. Beberapa indikasi yang perlu diwaspadai kaum ibu, antara lain, perdarahan vagina yang tidak normal, keputihan yang tidak biasa, nyeri saat berhubungan intim, frekuensi buang air kecil meningkat, mudah lelah, pembengkakan disalah satu tungkai dan kehilangan nafsu makan. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com