Bupati Dukung Pengembangan Kreavitas Anak Sejak Dini

Tanggal 15 Feb 2023 - Laporan Asdijal/rls - 396 Views
Gebyar TK se-Kabupaten Tanggamus 2023 yang bertema "Kita Mewujudkan Merdeka Belajar" di Gedung Pertemuan Balai Pekon/Desa Talangpadang, Rabu (15-2-2023).

MOMENTUM, Talangpadang--Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani mendukung dan memberikan ruang untuk pengembangan kreativitas anak sejak dini.

Hal itu disampaikan Bupati Dewi saat menghadiri Gebyar TK se-Kabupaten Tanggamus 2023 yang bertema "Kita Mewujudkan Merdeka Belajar" di Gedung Pertemuan Balai Pekon/Desa Talangpadang, Rabu (15-2-2023).

Dalam sambutannya, Bupati Hj Dewi Handajani mengatakan, semua hadir pada kegiatan gebyar TK ini karena mempunyai kehendak yang sama tentang kepedulian terhadap pendidikan anak usia dini. "Kita sama-sama ingin membantu pertumbuhan dan perkembangan anak anak, agar pada saatnya nanti, mereka memiliki kesiapan mental untuk memasuki pendidikan tingkat lanjut, mengantar mutiara bangsa ke gerbang masa depan mereka yang lebih baik," kata bupati.

Menurut dia, anak-anak merupakan generasi penerus bangsa, memiliki ruang tumbuh kembang yang kondusif untuk menguatkan karakter positif dan kecerdasan secara terarah sesuai dengan perkembangan psikosialnya masing masing.

"Setiap anak adalah unik, setiap dari mereka memiliki kecerdasannya masing-masing, mereka sebenarnya terlahir dengan bekal kreativitas dan kemandirian yang sungguh luar biasa," ujar dia. Namun, seringkali kita sebagai orang tua dan pendidik kurang memperhatikan dan memotivasi mereka, bahkan tanpa kita sadari seiring dengan bertambahnya usia anak, justru seringkali mengendorkan kreativitas dan kemandirian anak-anak.

Misalnya saat anak sudah bisa memegang alat tulis lalu tanpa sepengetahuan orang tua mencorat-coret tembok rumah, maka yang terjadi biasanya mereka akan dimarahi dengan alasan kebersihan dan keindahan.

Padahal semestinya orang tua mengapresiasi apapun dan bagaimana pun karya anak dengan memberikan fasilitas serta motivasi untuk mengembangkan kreatiVitas mereka.

Atas dasar itulah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus mengapresiasi dan messuport penyelenggaraan kegiatan ini. "Harapannya semoga acara ini bisa turut memberikan ruang bagi anak-anak khususnya di Kecamatan Talangpadang untuk mengembangkan kreativitas dan kemandirian mereka," papar Bupati Dewi.

Masih kata bupati, Pemkab sejauh ini sangat peduli dan memberikan dukungan penuh terhadap Pendidikan Taman Kanak-kanak atau Anak Usia Dini, khususnya dalam hal pengembangan dan pembinaan lembaga TK/PAUD.

"Kita support, anggaran makin ditingkatkan untuk pembinaan dan pengembangan pendidikan lembaga TK/PAUD, termasuk Bantuan Operasional Sekolah (BOP) dan insentif guru TK atau PAUD tahun 2022, juga telah kita berikan," pungkas dia.

Ketua IGTK Tanggamus, Ulpa Tania mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap tahun, tapi dalam dua tahun belakangan sempat tidak dilaksanakan lantaran pandemi covid-19.

"Kegiatan ini merupakan roadshow yang ke-7 dan masih ada tiga titik lagi, karena dari 20 kecamatan kami gabung menjadi 10 titik," ujarnya.

"Kami mengucapkan apresiasi yang sebesar besarnya kepada pemerintah daerah terutama kepada bupati Tanggamus dan jajaran karena telah menghadiri kegiatan ini," tambah dia.

Dia melanjutkan, kehadirian itu merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap anak usia dini khususnya.

"Harapan kami kedepannya pemerintah daerah dapat selalu menghadiri dan mensupot kegiatan ini, karena memang kegiatan positif yang melibatkan seluruh elemen baik dari tenaga pendidik, para siswa, wali murid, dan masyarakat setempat," papar dia.

Dalam kegiatan tersebut Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani memberikan bantuan tunai serta bingkisan berupa makanan tambahan yaitu susu dan telur kepada seluruh anak anak TK setempat.

Hadir dalam kegiatan itu Kepala Dinas Pendidikan yang diwakili Kabid Paud Saprizal, Camat Talangpadang Agustam, Ketua IGTK Tanggamus Ulpa Tania, Uspika Kecamatan Talangpadang, Ketua PGRI Talangpadang Widardo, Ketua KUA Talangpadang Idham Kholid, Koordinator SPLP Talangpadang Agus Rahmanto, Ketua IGTK Talangpadang Novi Yulyana, Ketua Himpaudi Talangpadang Ida Sustina, para Kepala TK se-kecamatan Talangpadang, dewan guru, bapak dan ibu wali murid serta murid murid TK se-Talangpadang.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Sekolah Diminta Larang Siswinya Bersolek ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupate ...


Gelar Workshop Fundamental R, UIN RIL Perkuat ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) Pendidikan Matema ...


Gelar Bimtek MC, UIN RIL Cetak Pemandu Acara ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024, Rekt ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com