Pemkab Mesuji akan Bangun TPS di Kota Mandiri

Tanggal 20 Feb 2023 - Laporan Arifin - 459 Views
Kegiatan peringatan HPSN tahun 2023 yang dimotori Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mesuji

MOMENTUM, Mesuji--Pemerintah Kabupaten Mesuji berencana membangun Tempat Penampungan Sampah (TPS) baru di kawasan Kota Mandiri Terpadu Kecamattan Mesuji Timur dan  Desa Gedungram, Kecamatan Tanjungraya.

Rencana pembangunan TPSP itu disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mesuji Agung Subandara, di sela kegiatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Senin 20 Februari 2023.

Menurut Agung, rencana pembangunan TPST itu sebagai salah satu upaya mengatasi permasalah sampah yng semakin kompleks di Kabupaten Mesuji.

"Jumlah sampah di Kabupaten Mesuji ini terus meningkat. Karena itu, perlu dilakukan upaya serius untuk mengatasi permasalahan sampah. Salah satunya, kita berencana membangun TPS yang baru di kawasan  Kota Mandiri Terpadu," kata Agung.

Nantinya, pada TPS yang akan dibangun di kawasan Kota Mandiri Terpadu dan Desa Gedungram itu, akan dilakukan proses daur ulang sampah organik menjadi produk yang bernilai ekonomi, seperti pupuk.

Terkait peringatan HPSN, kata dia, dilaksanakan dalam bentuk kegiatan pengumpulan sampah secara serentak.

"Peringatan HPSN ini kita lakukan dengan kegiatan pengumpulan sampah secara serentak, yang melibatkan seluruh organisasi perangkat daerah, aparat desa dan masyarakat," ungkapnya.

Pengumpulan sampah secara serentak itu dilakukan di berabgai lokasi, terutama pasar dan pusat-pusat kegiatan publik.

"Sampah-sampah yang dikumpulkan ini akan dipilah pilih. Sampah nonorganik seperti plastik akan didaur menjadi produk yang bernilai ekonomi. Hasilnya nanti akan dikembalikan ke kas desa untuk membantu program pembangunan desa," terangnya.

Sedangkan sampah organi akan diolah menjadi pupuk kompos. "Kami bagikan tong komposter untuk sampah organik dicampur cairan, tanah dan EM4. Tujuannya mengudukasi masyarakat pentingnya pengolah sampah, sebelum dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir di Desa Margorahayu, Kecamatan Simpangpematang," jelasnya. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Estimasi Jadwal Keberangkatan JCH Lampung, Kl ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agam ...


BNPB Diminta Segera Tangani Masalah Banjir di ...

MOMENTUM, Mesuji -- Pemerintah Kabupaten Mesuji meminta Badan Nas ...


Kabupaten Mesuji Kembali Meraih WTP dari BPK ...

MOMENTUM, Mesuji -- Kabupaten Mesuji bersama 10 kabupaten/kota se ...


Gubernur Lampung Tandatangani Kesepakatan den ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com