Road to K-Fest 2023: Lembah Hijau Punya Potensi Tarik Wisatawan ke Lampung

Tanggal 01 Mar 2023 - Laporan Wawan - 983 Views
Peserta Krakatau Travel Mart Lampung dalam ajang Road to K-Fest (Krakatau Festival) 2023.

MOMENTUM, Bandarlampung--Taman Wisata dan Taman Satwa Lembah Hijau Provinsi Lampung mempunyai potensi menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara.

Penyataan itu terungkap usai puluhan peserta Karakatau Travel Mart (KTM) Lampung 2023 melakukan tour ke Taman Wisata dan Taman Satwa Lembah Hijau, Selasa (28-2-2023).

Kunjungan para travel agen dan pelaku industri wisata di Lampung, luar Lampung, bahkan mancangera itu menorekan pengalaman mengesankan dari rombongan tersebut.

Salah satunya disampaikan Nur Baji S.E., M.M., PT Unggul Perkasa Internasional Tour & Travel Kendari Sulteng.

Nur Baji mengaku antusias menjadi salah satu bagian dari gelaran akbar tersebut. "Acara ini bisa menjadi momentum untuk mempromosikan potensi wisata yang ada di Lampung," kata Nur Baji, saat diwawancarai harianmomentum.com, Rabu (1-3-2023).

Apalagi, kata dia, saat kunjungan ke Taman Wisata dan Satwa Lembah Hijau. "Di sana kita bisa bercengkrama langsung dengan hewan-hewan yang ada. Inilah yang menjadi salah satu penarik minat wisatawan," kata dia.

Seperti menyentuh serta ikut memandikan gajah secara langsung, menurut dia, menjadi daya tarik tersendiri sehingga memicu minat para pelaku wisata untuk berkunjung.

Selain itu, beragam koleksi hewan-hewan unik dan langka ada di taman satwa tersebut. Dia juga mengatakan, Lembah Hijau Lampung mempunyai potensi untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata berkelas internasional.


"Lampung harusnya bangga memiliki potensi pariwisata yang besar. Tidak hanya Lembah Hijau tapi banyak juga wisata pantai dan gunung yang bisa menjadi pendukung sektor wisata," kata Nur.

Memang, masih menurut dia, tidak mudah untuk mewujudkan harapan itu. Namun, seperti halnya dijelaskan dalam pembukaan acara, semua pihak harus bisa saling berkolaborasi demi kemajuan pariwisata Indonesia. "Saya senang banget melihat respon dari setiap perwakilan provinsi yang hadir sangat antusias," tambah dia.

Selain mempromosikan wisata di Lampung, KTM 2023 juga menjadi momentum untuk membangun ekosistem bisnis tour and travel antar pelaku wisata.

Sementara itu, Travel Agen Malaysia, Zainal Abidin dari ZA Nusantara Travel & Tours Sdn Bhd Malaysia yang mengaku kagum dengan pesona wisata di Lembah Hijau Lampung.

Dia bahkan merekomendasikan Taman Wisata dan Taman Satwa Lembah Hijau sebagai salah satu destinasi yang harus dikunjungi wisatawan ketika berkunjung di Lampung.

Menurut Zainal tidak banyak destinasi yang memiliki konsep seperti Taman Wisata dan Taman Satwa Lembah Hijau Lampung.

“Lembah hijau adalah 1 destinasi pelancongan yang harus dikunjungi. Ini karena habitat yang dipamerkan hampir tiada diluar sana,” kata Zainal.

Zainal menilai Lembah Hijau Lampung mempunyai potensi untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata sekelas internasional. Salah satunya ia menyarankan agar Lembah Hijau bisa membuat konsep Night Zoo Adventure bagi para pengunjung.

“Perlu banyakkan lagi aktiviti di Lembah Hijau serta menambah kemudahan awam (pengunjung) disana. Cadangan (saran) saya, disitu (Lembah Hijau) juga boleh dilakukan Night Zoo Adventure bagi pengunjung agar merasai dan melihat apa yang dilakukan oleh binatang pada waktu malam. Ini saya kongsikan (bagikan) pandangan saya dari Malaysia,” kata Zainal.

Zainal Abidin menilai Lampung mempunyai potensi menjadi daya tarik wisata dunia. Namun, ia menyayangkan sejauh ini belum banyak wisatawan mancanegara, khususnya dari Malaysia, yang seperti belum mengenali potensi wisata di Lampung.

“Sayangnya kota (Lampung) ini tidak dikenali seperti kota lain yang juga aktif dalam industri wisatanya. Ini saya ukur mengikut jumlah kunjungan rakyat (warga) Malaysia ke sini. Sedangkan Lampung banyak menyimpan khazanah alam, kebudayaan, kesenian, kraf tangan, dan pusat pendidikan serta kota yang pesat membangun dari semua aspek,” ungkapnya.

“Saya berharap Lampung menjadi Hub Wisata Indonesia satu masa nanti. Karena kota ini sangat selamat (aman) untuk dikunjungi warga dunia serta warga Indonesia sendiri. Permata yang dah bersinar dengan baik perlu dijaga dan sentiasa di gilap demi warga Lampung juga,” lanjutnya.

Krakatau Travel Mart Lampung 2023 secara resmi telah dibuka Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia di Ballroom Swissbell Hotel Lampung, Minggu (26-2-2023). Kegiatan ini akan berlangsung hingga Selasa (28-2-2023).

Kegiatan yang merupakan bagian dari rangkaian Road to K-Fest (Krakatau Festival) 2023 dengan mengusung tema The Spirit of Lampung Tourism ini menghadirkan sekitar 100 pelaku industri wisata (buyers) dari berbagai daerah di luar Provinsi Lampung hingga mancanegara.

Kegiatan ini juga diikuti sekitar 50 pelaku industri wisata (seller) Provinsi Lampung, salah satunya Taman Wisata dan Taman Satwa Lembah Hijau.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Ciptakan Ketenangan Saat Long Weekend di Vill ...

MOMENTUM, Pasuruan – Menyambut long weekend yang dinanti pada M ...


Maliosewu, Wisata Kuliner Malam di Pringsewu ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Masyarakat Pringsewu dikenal kreatif, teru ...


Rumah Layung Rancabali Tea Resort: Pesona Rom ...

MOMENTUM, Ciwidey--Rancabali Tea Resort mengumumkan kehadiran uni ...


Libur Sekolah Tiba! Ini Harga Tiket Wisata Ed ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Libur sekolah telah tiba. Bagi Anda yang ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com