Jadi Bunda Literasi, Pori Karlia Sulpakar: Momentum Bangun Literasi Masyarakat

Tanggal 07 Mar 2023 - Laporan Arifin - 312 Views
Pori Karlia Sulpakar dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Kabupaten Mesuji.

MOMENTUM, Mesuji--Pori Karlia Sulpakar dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Kabupaten Mesuji 2023-2024.

Pengukuhan yang turut dihadiri Asisten Bidang Administrasi Umum Agus Harianto, Kepala Dispusar Mesuji Gunarso, serta para Bunda Literasi Kecamatan, Ketua Bhayangkari Mesuji, Ketua Adhyaksa Dharmakarini dan para Persit Kartika Chandra Kirana, berlangsung di Gedung Perpustakaan dan Arsip Mesuji, Selasa (7-3-2023). 

Dalam sambutannya, Pori mengatakan, pengukuhan ini merupakan sebuah momentum, bersinergi membangun semangat literasi masyarakat di Kabupaten Mesuji. 

"Makna Bunda Literasi meningkatkan budaya dan minat baca bagi generasi penerus bangsa. Dalam mewujudkan itu semua perlu dukungan semua pihak termasuk anggota PKK kecamatan," kata dia. 

Pori Karlia Sulpakar juga melantik bunda literasi kecamatan sebanyak tujuh orang, sebagai garda terdepan untuk meningkatkan minat baca.

Sebelumnya, Bunda Literasi Lampung Riana Sari Arinal menyoroti berbagai permasalahan literasi yang dihadapi di provinsi setempat.

Beberapa permasalahan tersebut diantaranya Indeks Literasi Provinsi Lampung yang masih sangat rendah, masih sulitnya masyarakat mendapatkan bahan bacaan terutama bagi masyarakat di wilayah pedesaan.

Kemudian, akses masyarakat ke perpustakaan yang masih sangat terbatas karena keterbatasan Gedung Perpustakaan baik di tingkat kabupaten/kota, kecamatan, maupun desa/kelurahan, serta generasi muda yang saat ini lebih memilih membaca media online dibandingkan membaca buku secara fisik. 

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Riana Sari Arinal yang juga sebagai Ketua Umum Tim Literasi Provinsi Lampung mencoba menggagas beberapa Program Prioritas yang diharapkan dapat disinergikan dengan Tim Literasi kabupaten/kota.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Estimasi Jadwal Keberangkatan JCH Lampung, Kl ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agam ...


BNPB Diminta Segera Tangani Masalah Banjir di ...

MOMENTUM, Mesuji -- Pemerintah Kabupaten Mesuji meminta Badan Nas ...


Kabupaten Mesuji Kembali Meraih WTP dari BPK ...

MOMENTUM, Mesuji -- Kabupaten Mesuji bersama 10 kabupaten/kota se ...


Gubernur Lampung Tandatangani Kesepakatan den ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com