Bupati Ingatkan Pentingnya Pendidikan Karakter di Sekolah

Tanggal 03 Apr 2023 - Laporan Endri Gunawan. - 363 Views
Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto saat berkunjung ke SMA N 1 Kalianda.

MOMENTUM, Kalianda -- Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto menyampaikan tentang wawawan kebangsaan untuk penguatan karakter bagi pelajar di SMA Negeri 1 Kalianda, Senin 3 April 2023.

Menurut Nanang, pada era perubahan yang terus berlangsung, dibutuhkan kemampuan untuk beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang baru. Karena itu, setiap individu terutama para pelajar perlu mempersiapkan dengan menanamkan nilai-nilai dasar Pancasila.

Dengan demikian, kata Nanang, akan tubuh karakter yang bernilai positif sehingga bisa menjadi manusia yang berguna bagi masyarakat dan bangsa.

“Cepatlah beradaptasi ketika melihat situasi dan kondisi yang akan dihadapi dengan mempersiapkan diri. Tanamkan fundamen dasar Pancasila serta nilai integritas dan karakter di diri kita agar kita ini bisa menjadi manusia yang berguna,” ucap Nanang.

Di hadapan para pelajar, dia juga berpesan untuk terus belajar dengan rajin dan menikmati prosesnya. Selain itu, ia juga mengajak para pelajar mengasah keterampilan, bakat, dan kemampuan yang dimiliki serta terus mengembangkan keahlian yang dibutuhkan di masa depan.

“Belajarlah dengan rajin dinikmati prosesnya, cari ilmu sebanyak-banyaknya, asah skil dan kemampuan ,bakat yang adik-adik punya. Saat ini bekerja itu tidak ditanya ranking, kembangkan keahlian, bagaimana membentuk karakter dari pengalaman,”pesan Nanang.

Menurut Nanang, saat ini, dunia kerja tidak lagi hanya mempertimbangkan peringkat akademik seseorang, tetapi juga melihat kemampuan dan keahlian yang dimiliki.

Sementara Kepala SMA 1 Kalianda Darmiyati mengungkapkan, kunjungan bupati merupakan bukti bahwa Pemda Lampung Selatan memperhatikan dunia pendidikan.

“Kami merasa sangat terhormat dan bersemangat untuk menerima kunjungan bapak bupati ke sekolah kami, seperti  orang tua yang mengunjungi anak-anaknya,” katanya.

Darmiyati juga menjelaskan SMA N 1 Kalianda merupakan sekolah negeri tertua di Kalianda yang sudah meluluskan anak didik. Saat ini SMA N 1 Kalianda memiliki 1102 siswa dan 82 guru.

Ia menambahkan, tantangan pendidikan saat ini sangat kompleks, terutama dalam menghadapi kenakalan remaja yang semakin meningkat. Sehingga guru dan sekolah perlu terus berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan pendidikan karakter siswa.

“Semoga dengan adanya kehadiran pak bupati disini dapat memberikan motivasi anak-anak kita ini agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan terlebih terkait kenakalan remaja,” katanya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Gelar Bimtek MC, UIN RIL Cetak Pemandu Acara ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024, Rekt ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Mahasiswi Prodi Hukum Bisnis Darmajaya Muli T ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Mahasiswi Prodi Hukum Bisnis Institut ...


Gelar UTBK SNBT Hari Pertama, Unila Pastikan ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ujian tulis berbasis komputer (UTBK) sel ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com