Monitor Bahan Pokok, Satgas Pangan Pesawaran Sidak ke Pasar

Tanggal 12 Apr 2023 - Laporan Rifat Arif - 391 Views
Satgas Pangan Kabupaten Pesawaran saat gelar sidak di Pasar Kedondong.

MOMENTUM, Kedondong--Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pesawaran melakukan sidak pasar di Pasar Kedondong, Kecamatan Kedondong pada Rabu (12-4-2023).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kabupaten Pesawaran, Hendra Sulistianto mengatakan sidak dilakukan untuk memonitoring ketersediaan, keamanan, dan harga sembilan bahan pangan pokok di pasar rakyat menjelang Idul Fitri 1444 Hijriyah.

Hendra mengatakan Tim Satgas Pangan yang terdiri dari Polres Pesawaran, Bappeda, Dinas Tanaman Pangan dan Horti Kultura, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Perikanan, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan dan Bagian Perekonomian Setdakab Pesawaran turun langsung untuk mengecek ketersedian sembako di lapangan.

Dalam sidak, Hendra yang juga menjabat Kabag Pembangunan Setdakab Pesawaran menguraikan beberapa komoditi pangan mengalami penurunan dan kenaikan harga.

"Tim menyimpulkan ada bahan pokok yang mengalami penurunan harga antara lain, cabe merah keriting Rp28 ribu menjadi Rp25 ribu cabe rawit sebelumnya Rp40 ribu menjadi Rp30 ribu," terangnya.

Lalu beberapa komoditi pangan yang mengalami kenaikan harga antara lain, telur ayam ras yang sebelumnya Rp28 ribu menjadi Rp30 ribu, daging sapi yang sebelumnya Rp120 ribu menjadi Rp130 ribu.

"Untuk harga komoditi pangan yang lain relatif stabil, dan untuk ketersediaan bahan pangan pokok berdasarkan hasil dari pemantauan sidak ketersediaan bahan pangan pokok menjelang Hari Raya Idhul Fitri 1444 H relatif aman dan tersedia," terangnya.

Selain itu, masih ditemukan merek beras yang beredar belum memiliki nomor regristrasi pangan segar asal tumbuhan.

"Oleh sebab itu maka dilakukan pendataan kepada penjual beras asal merek tersebut dan pemilik penggilingan sehingga dapat di daftarkan nomor registrasinya," katanya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


PTPN IV Regional III Umumkan Pemenang Perform ...

MOMENTUM, Pekanbaru - PTPN IV PalmCo Regional III mengumumkan pem ...


April 2024, Harga Beras dan Cabai Picu Deflas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sejumlah komoditas pangan memicu deflasi ...


Lampung Craf 2024, Giliran Lampung Timur Jadi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekra ...


SBI Perkuat Fokus Efisiensi dan Inovasi Hadap ...

MOMENTUM, Jakarta--PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (“SBI”) men ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com