Pemudik dengan Motor Tetap Bisa Menyeberang dari Bakauheni

Tanggal 18 Apr 2023 - Laporan Glenn KS - 452 Views
Sejumlah pengendara sepeda motor di hendak memasuki Pelabuhan Bakauheni.

MOMENTUM, Bakauheni--Pemudik yang menggunakan sepeda motor tetap diperbolehkan menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak, Banten.

Hal itu mengacu pada Surat Keputusan Bersama (SKB) Dirjen Perhubungan Darat, Kepala Korps Lalu Lintas Polri dan Dirjen Bina Marga Nomor: KP-DRJD 2616 Tahun 2023. Lalu, SKB/48/IV/2023 dan 05/PKS/Db/2023 tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan Serta Penyeberangan selama Arus Mudik dan Arus Balik Angkutan Lebaran 2023.

Dalam putusan kesebelas poin e, tertulis "Kendaraan sepeda motor tujuan Jawa untuk arus mudik dan balik mulai tanggal 15 April sampai 1 Mei 2023 dialihkan melalui Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Panjang."

Berbeda dengan Pelabuhan Merak, dalam putusan kesebelas poin b, tertulis "Kendaraan truk dan sepeda motor tujuan Sumatera untuk arus mudik dan balik mulai 15 April sampai tanggal 1 Mei 2023 dialihkan melalui Pelabuhan Ciwandan."

General Manager PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Bakauheni Kapten Rudi Sunarko menyampaikan, pengendara sepeda motor masih bisa menumpang kapal ferry di Pelabuhan Bakauheni untuk menyeberang ke Merak.

"Dari Pelabuhan Ciwandan memang akan difokuskan untuk melayani pemudik yang bersepeda motor dengan tujuan Pelabuhan Panjang. Tapi dari arah Sumatera masih bisa melakukan penyeberangan dari Pelabuhan Bakauheni," kata Rudi. 

Menurut dia, keputusan tersebut diambil karena dalam arus mudik 2023 masih banyak masyarakat yang belum mengetahui adanya pengalihan kendaraan motor ke Pelabuhan Pelabuhan Panjang menuju Ciwandan, Banten. (**)

Editor: Agung Darma Wijaya


Comment

Berita Terkait


Kabar Duka, Tokoh NU KH Arief Mahya Berpulang ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kabar duka datang dari Provinsi Lampung. ...


Pekon Waluyojati Gelar Pelatihan Konten Kreat ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintah Pekon Waluyojati, Kecamatan Pring ...


BWI Tulangbawang Punya Ketua Baru ...

MOMENTUM, Menggala--Pengurus perwakilan Badan Wakaf Indonesia (BW ...


Puluhan JULEHA Metro Dilatih Penyembelihan AS ...

MOMENTUM, Metro--Puluhan  Juru Sembelih Halal (JULEHA) Kota Metr ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com