Malam Ini Diprediksi Puncak Arus Mudik Merak-Bakauheni

Tanggal 19 Apr 2023 - Laporan Glenn KS - 407 Views
Penumpang di Pelabuhan Merak, Banten.

MOMENTUM, Merak--Arus penumpang dan kendaraan yang menyeberang melalui Pelabuhan Merak, Banten mengalami peningkatan memasuki puncak arus mudik yang diperkirakan terjadi pada hari ini hingga besok (20-4).

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin menyampaikan, sejak Selasa (18/4) malam, pergerakan kendaraan di Pelabuhan Merak sudah ramai mengalir.

Meski sempat terjadi antrean di layanan Dermaga  Pelabuhan Merak, maupun layanan kendaraan roda dua di Pelabuhan Ciwandan hingga dini hari, namun berangsur terurai.

"Kondisi siang ini, Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan masih terpantau ramai lancar. Jika prediksi puncak arus mudik sesuai, diperkirakan akan terjadi peningkatan arus lagi pada malam ini," kata Shelvy pada Rabu, (19-4-2023).

Berdasarkan data Posko Merak, memasuki H-4 Lebaran 2023, jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 45 unit kapal.

Total penumpang yang sudah menyeberang dari Jawa ke Sumatera mulai dari H-10 hingga hari ini sebanyak 470.495 orang, naik tujuh persen dibandingkan realisasi pada periode yang sama tahun lalu sebanyak 440.062 orang.

Dan untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 109.468 unit atau naik 3% persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 106.090 unit.

Dia menyampaikan, para pengguna jasa ASDP untuk mengatur waktu di hari H keberangkatan agar tidak terlambat dengan melakukan check in dua jam sebelumnya.

"Tiket akan hangus atau tidak berlaku jika melewati waktu jadwal masuk pelabuhan. Apabila tiba di pelabuhan belum bertiket, maka kendaraan akan diputar balik keluar pelabuhan," tegasnya.

Shelvy mengingatkan, demi kenyamanan para pemudik, dimohon agar tidak membeli tiket di calo.

"Selain online, pemudik dapat membeli tiket di gerai retail seperti Alfamart, Indomaret, Agen BRILink, dan lainnya. Sementara, pembayaran tiketnya dapat dilakukan melalui cara transfer antarbank, e-wallet, gerai retail, internet banking, dan lainnya," tuturnya.

Shelvy meminta kerjasama dan perhatiannya kepada pengguna jasa layanan ASDP untuk tetap mengikuti aturan agar menyeberang sesuai dengan tanggal dan waktu yang tertera di tiket.

"Apresiasi setinggi-tingginya kami sampaikan kepada pengguna jasa yang melakukan perjalanan mudik lebih awal, dan telah memiliki tiket ketika tiba di pelabuhan," tuturnya.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Dukung Hilirisasi Energi, PGN Suplai Gas Bumi ...

MOMENTUM, Gresik – PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk mengoptim ...


PTPN IV Regional III Umumkan Pemenang Perform ...

MOMENTUM, Pekanbaru - PTPN IV PalmCo Regional III mengumumkan pem ...


April 2024, Harga Beras dan Cabai Picu Deflas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sejumlah komoditas pangan memicu deflasi ...


Lampung Craf 2024, Giliran Lampung Timur Jadi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekra ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com