Pekan Imunisasi Dunia, Penguatan Metro Jadi Kota Sehat

Tanggal 11 Mei 2023 - Laporan Adipati Opie/Rio - 647 Views
Wakil Walikota Metro, Qomaru Zaman pada acara puncak Pekan Imunisasi Dunia.

MOMENTUM, Metro--Dinas Kesehatan Kota Metro dalam hal ini Dinas Kesehatan mengadakan acara puncak Pekan Imunisasi Dunia (PID) tahun 2023 di pelataran Wisma Haji Al Khairiyah Metro, Kamis (11-5-2023).

Kegiatan dengan tema, "Ayo lindungi diri, keluarga dan masyarakat dengan imunisasi lengkap". Menurut Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman, merupakan penguatan untuk Metro Kota menjadi kota sehat melalui imunisasi

"Ini adalah bagian yang mendorong penduduk Kota Metro dari yang anak-anak bayi sampai orang tua wajib sehat, maka Dinas Kesehatan akan selalu mengawal terhadap pelayanan kesehatan di kota ini puskesmas, posyandu bergerak semua," ungkapnya.

Wakil Walikota yang juga merupakan ketua Forum Kota Sehat Kota Metro menambahkan bahwasanya ke depan pemerintah tetap berkewajiban mengawal kota ini menjadi kota yang sehat.

"Oleh karena itu dengan pekan imunisasi ini saya harapkan kegiatan ini menjadi momentum utama untuk penguatan kota ini menjadi kota yang sehat", tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro, Eko Hendro Saputro menambahkan pencapaian imunisasi kita masih di bawah 90 persen akibat dari dampak covid kemarin

"Berkaca dari pengalaman pandemi covid 19 terjadi penurunan cakupan imunisasi di tingkat global yaitu dari 86 persen tahun 2019 menjadi 81 persen tahun 2021,serta jumlah anak yang tidak mendapatkan imunisasi sejak tahun 2017 sampai tahun 2021 sebanyak 1525.936 , penurunan juga dialami di Indonesia dengan cakupan imunisasi dasar sebesar 93,7 persen dari tahun 2019 menjadi 84,5 persen," jelasnya.

"Alhamdulillah WHO telah mencabut covid bukan menjadi endemik , mudah-mudahan dalam momentum pekan hari ini kita harus mencapai 100 persen dan ini juga momentum untuk menggerakkan masyarakat bahwa sadar bahwa imunisasi itu penting untuk kesehatan terutama untuk anak balita kita," lanjutnya.

Kades kesehatan pun menegaskan strategi untuk mencapai itu semua adalah penguatan tenaga  kesehatan internal dan bantuan daripada partisipasi masyarakat terutama kader kesehatan.

"Perlu kita ingat manfaat dari imunisasi ini adalah untuk mencegah dari penyakit-penyakit yang dapat dilindungi dari penyakit yang dapat dicegah dari imunisasi, di antaranya campak, livery, tetanus ,dan yang lainnya," katanya. (**)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com