Racnmanisa dan Ambi Jadi Muli Mekhanai Lamsel

Tanggal 14 Mei 2023 - Laporan Endri - 1307 Views
Penobatan Muli Mekhanai Kabupaten Lampung Selatan tahun 2023

MOMENTUM Kalianda--Racnmanisa Juwita utusan dari Kecamatan Kalianda dan Ambi Mahendra dari Kecamatan Penengahan dinobatkan sebagai Muli (gadis) Mekhanai (bujang) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) tahun 2023. 

Grand Final Pemilihan Muli Mekhanai Kabupaten Lamsel tahun 2023 dihelat di Aula Rimau, Kantor Bappeda setempat, Jumat 12 Mei lalu.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lamsel Thamrin mewakili Bupati Nanang Ermanto menyampaikan selamat kepada pemenang muli mekhanai. 

“Sebagai muli mekhanai, adik-adik harus dapat menjalankan tugas sebagai Duta Pariwisata Kabupaten Lampung Selatan," kata Thamrin.

Tugas duta pariwisat, lanjuta dia, bukan semata mempromosikan potensi wisata. Lebih dari ini harus bisa menjadi motivator masyarakat, khususnya generasi muda agar lebih kreatif mendukung program pembangunan.

"Sebagai muli mekhanai juga harus bisa menginsiprasi dan memotivasi peran aktif dan kreatifitas generasi muda dalam mendukung program pembangunan, khususnya di bidang pariwisata dengan pelestarian budaya daerah," terangnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lamsel Dharmawan memaparkan, rangkaian kegiatan pemilihan muli mekhanai tersebut diawali dengan tahapan pendaftaran mulai 1 Maret hingga 1 Mei 2023.

Kemudian dilanjutkan dengan tahap pembekalan, yang antara lain meliputi: tes tertulis, wawasan umum dan kebangsaan, wawasan kepariwisataan dan seni budaya, etika kepribadian serta komunikasi. Termasuk kecakapan berbahasa Lampung dan bahasa asing, tallent show dan advokasi tentang pariwisata.

“Jumlah peserta yang mendaftar 60 orang. Hasil seleksi berkas, ditetapkan 38 orang sebagai peserta pemilihan muli mekhanai. Mereka terdiri dari  21 muli dan 17 mekhanai," terangnya. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Maliosewu, Wisata Kuliner Malam di Pringsewu ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Masyarakat Pringsewu dikenal kreatif, teru ...


Rumah Layung Rancabali Tea Resort: Pesona Rom ...

MOMENTUM, Ciwidey--Rancabali Tea Resort mengumumkan kehadiran uni ...


Libur Sekolah Tiba! Ini Harga Tiket Wisata Ed ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Libur sekolah telah tiba. Bagi Anda yang ...


Pesawaran Tingkatkan SDM Kuliner Wisata Desa ...

MOMENTUM, Gedongtataan--Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran teru ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com