Kadinkes Lambar Ajak Masyarakat Cegah Kencing Manis dengan Enam Langkah

Tanggal 15 Mei 2023 - Laporan Sulemy Wahyu. - 824 Views
Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat, Nukman, saat meninjau pasien yang dirawat di rumah sakit.

MOMENTUM, Liwa -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung Barat (Lambar) mengimbau masyarakat menerapkan enam langkah untuk mencegah penyakit diabetes militus atau kencing manis.

Menurut Kepala Dinkes Lambar, Widyatmoko Kurniawan, diabetes melitus tidak menular. Namun, harus mendapatkan perhatian khusus. Pasalnya, penyakit ini menjadi penyebab kematian tertinggi ketiga di Indonesia setelah stroke dan jantung.

Apalagi, menurut dokter yang biasa disapa Wawan ini, jumlah penderita diabetes di Indonesia terus meningkat dari 10,7 juta pada 2019 menjadi 19,5 juta pada 2021. Angka tersebut membuat Indonesia menduduki peringkat kelima dengan jumlah penderita diabetes terbanyak di dunia.

"Diabetes adalah penyakit yang terjadi akibat insulin tidak dihasilkan atau tidak bekerja dengan baik, sehingga menyebabkan gula menumpuk di darah kita," katanya kepada harianmomentum.com, Senin 15 Mei 2023.

Melihat kondisi tersebut, dia mengimbau masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat. Cara ini menjadi kunci meminimalkan seseorang terkena diabetes, baik di usia muda maupun usia lanjut.

"Penyakit ini tidak bisa disembuhkan tetapi dapat dikendalikan agar tidak terjadi komplikasi," terangnya.

Dijelaskan Wawan, terdapat enam langkah sehat yang dapat mencegah seseorang menderita penyakit diabetes melitus, diantaranya berhenti merokok. Karena kebiasaan ini merupakan salah satu kegiatan yang bukan saja tidak sehat bagi paru-paru, namun juga dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit diabetes melitus. Untuk itu, hindari penggunaan tembakau (rokok dan tembakau kunyah) serta berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol.

Kedua, mempertahankan berat badan ideal. Dimana, mengatur pola makan dengan gizi seimbang sangat penting untuk mempertahankan berat badan ideal. Kurangi konsumsi karbohidrat dan perbanyak makanan yang kaya akan serat.

Ketiga, dengan melakukan aktifitas fisik. Seperti aktivitas fisik ringan berjalan santai, menaiki tangga, hingga melakukan aerobik juga terbukti mampu menurunkan kadar gula dalam tubuh, sehingga tubuh menjadi sehat, berat badan indeal, dan sekaligus meminimalisir seseorang menderita penyakit diabetes melitus.

Keempat, tentunya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Salah satu upaya untuk mencegah terkena diabetes melitus dengan  konsumsi makanan yang sehat untuk mendapatkan nutrisi. Konsumsi 3-5 porsi buah dan sayur, serta mengurangi asupan gula, garam dan lemak jenuh.

Sedengkan yang ke Lima, dianjurkan rutin dalam memeriksakan kadar gula darah. Memeriksa gula darah atau HbA1c secara rutin merupakan salah satu cara untuk mendeteksi sedini mungkin kandungan gula darah dalam tubuh, sehingga apabila seseorang terpapar diabetes, akan lebih cepat mendapatkan penanganan.

Selanjutnya yang kelima, yakni mengelola stres. Sebab, stres merupakan salah satu penyebab diabetes yang mungkin jarang diketahui oleh masyarakat. Ketika tubuh mengalami stres, produksi seretonin akan terganggu, sehingga menyebabkan kemampuan tubuh dalam menciptakan insulin akan berkurang. Dan yang ke enam,  lebih baik mencegah daripada mengobati.

"Mari disiplin menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan apabila mengalami gejala diabetes melitus seperti buang air kecil lebih dari biasanya terutama saat malam hari, kehilangan berat badan tanpa melakukan apapun, hingga luka yang tidak pernah sembuh," katanya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Peringati HUT ke-63, IKWI Lampung Gelar Disku ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke ...


Pemkab Pandeglang dan Astra Financial Resmika ...

MOMENTUM, Pandeglang --  Puskesmas Pembantu (Pustu) Pakulura ...


Pemkot Metro Fasiliasi Tiga Pasien Jalani Per ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro memfasilitasi tig ...


Rumah Sakit Sri Pamela Membang Muda Resmikan ...

MOMENTUM, Medan -- Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang be ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com