Polres Tubaba Kembali Terapkan Tilang Manual

Tanggal 16 Mei 2023 - Laporan Solihin. - 246 Views
Petugas kepolisian dari Polres Tulanbawang Barat menghentikan pengendara yang tidak memakai helm.

MOMENTUM, Panaragan -- Banyaknya pengendara yang melakukan pelanggaran lalu lintas, Polres Tulangbawang Barat atau Tubaba kembali menerapkan tilang manual mulai 16 Mei 2023.

Pelanggaran yang dilakukan pengendara kendaraan bermotor, antara lain pemakaian pelat nomor palsu, pengendara motor tidak memakai helm, dan pengemudi di bawah umur.

Kasat Lantas Polres Tubaba, Iptu Samsi Rizal mewakili Kapolres AKBP Ndaru Istimawan, mengatakan pemberlakuan kembali tilang manual berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/830/IV/HUK.6.2./2023, yang dikeluarkan 12 April 2023.

"Mulai hari ini tilang manual sudah kembali diberlakukan untuk melakukan penindakan terhadap pengendara yang melanggar," ujarnya Selasa (16/5/2023).

Menurut Samsi, tilang manual ini diberlakukan di Kabupaten Tulangbawang Barat karena di wilayah ini belum ada perangkat untuk menerapkan tilang electronik.

"Jadi tilang manual diberlakukan untuk mengcover wilayah-wilayah yang saat ini belum ada ETLE (electronic traffic law enforcement) untuk menindak para pelanggar lalu-lintas," jelasnya.

Kasatlantas menyebut saat ini marak pengendara roda dua dan empat yang memalsukan nomor kendaraannya untuk menghindari tilang elektronik.

Selain itu, pemotor juga banyak yang tidak memakai helm dan melawan arus. Saat ini banyaknya pengemudi di bawah umur, melawan arus hingga penggunaan telepon selular saat berkendara.

"Itu semua karena abai dan melawan aturan. Tilang manual ini juga untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan," pungkasnya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Sengketa Lahan PTPN VII dan PT BMM, PN Kotabu ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengadilan Negeri Kotabumi melaksanakan sid ...


Menantu Eks Bupati Lampung Utara Jadi Tersang ...

MOMENTUM, Kotabumi--Inspektur Lampung Utara, Muhammad Erwinsyah a ...


Sidang Lapangan, PTPN VII Buktikan Putusan PN ...

MOMENTUM, Waykanan -- Sengketa lahan milik PT Perkebunan Nusantar ...


Konfirmasi Soal Limbah Tapioka PT BW, Kendara ...

MOMENTUM, Tulang Bawang--Dedi, wartawan di Kabupaten Tulang Bawan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com