MUI Diharapkan Terus Berperan Mengawal Kemaslahatan Umat

Tanggal 21 Mei 2023 - Laporan Rifat Arif - 339 Views
Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menghadiri Musda IV MUI Pesawaran di Masjid Islamic Center.

MOMENTUM, Gedongtataan--Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pesawaran diharapkan terus berperan aktif mengawal kemaslahatan umat.

Pesan itu disampaikan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona dalam Musyawarah Daerah (Musda) IV MUI Kabupaten Pesawaran, di Masjid Islamic Center Kecamatan Gedongtataan, Minggu (21-5-2023).

Dendi mengatakan, pengurus MUI Kabupaten Pesawaran diharapkan terus meningkatkan kapasitasnya melalui program yang akan dilaksanakan.

"Ulama sebagai pemimpin informal dalam memperkokoh sendi-sendi etika, moral spiritual, kehidupan berbangsa dan bernegara, sekaligus berfungsi sebagai pencerah, pencerdas dan pembimbing umat dengan ajaran dan nilai-nilai Islam," katanya.

Dendi berharap MUI menyumbangkan pemikiran atau ide yang cemerlang serta mampu berkiprah dalam pembangunan, khususnya pembangunan moral dan akhlak.

"Selain itu, MUI Kabupaten Pesawaran harus mampu memerankan fungsi dan statusnya sebagai organisasi yang menggalang persatuan dan kesatuan yang sinergis serta mampu melakukan pembinaan, penataan dan pembaharuan terutama dalam kaitannya mengantisipasi berbagai perkembangan yang terjadi di masyarakat," timpalnya.

Dendi juga meminta agar MUI dan ulama harus bersinergi dengan pemerintah dalam membangun daerah, diharapkan dengan kredibilitas dan integritas yang tinggi serta akhlaqul karimah yang dimiliki, seluruh ulama di daerah secara bersama-sama terus membangun dan meningkatkan kualitas akidah dan moralitas masyarakat.

"Kami sadari tugas ini memang tidak ringan, lebih-lebih di tengah kehidupan modern seperti sekarang ini, di mana umat Islam juga kerap bersinggungan dengan budaya hidup modern yang menjurus pada pendangkalan akidah," terangnya.

Musda tersebut menjadi momentum tepat untuk menjadikan MUI semakin lebih baik lagi, khususnya melangkah ke depan dalam memberdayakan generasi Islam dalam segala aspek kehidupan.

"Musda ini juga merupakan salah satu agenda dalam rangka menghasilkan masukan dan solusi untuk menghadapi berbagai permasalahan umat Islam dengan meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang religius dan berakhlak mulai serta mengedepankan nilai religius dalam bermasyarakat," jelasnya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Arus Balik Pemudik di Pelabuhan Bakauheni Lan ...

MOMENTUM, Bakauheni -- Volume kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, L ...


Ratusan Ribu Pemudik Kembali ke Jawa ...

MOMENTUM, Bakauheni--Volume arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Ka ...


Hingga H-3 Lebaran, 17.593 Pemudik Tiba di Ba ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Hingga H-3 lebaran, 17 penumpang tiba di ...


DK PWI Pusat: Bantuan BUMN untuk UKW Harus Di ...

MOMENTUM, Jakarta -- Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat Sasongko Te ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com