Besok Pagi, Kloter Pertama CJH Lampung Berangkat ke Tanah Suci

Tanggal 23 Mei 2023 - Laporan Ikhsan Ferdiyanto - 467 Views
Suasana Gedung Madinatul Hujaj, Asrama Haji Rajabasa, Bandarlampung saat CJH registrasi. Foto: Ikhsan

MOMENTUM, Bandarlampung--Kelompok terbang (kloter) pertama calon jemaah haji (JCH) Lampung berangkat ke Tanah Suci Mekah besok, Rabu 24 Mei 2023.

Pada Hari ini, Selasa 23 Mei 2023, jemaah yang berasal dari Lampung Utara sebanyak 385 orang itu memasuki Asrama Haji di Rajabasa Bandarlampung.

Koordinator Hubungan Masyarakat Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, Alief menjelaskan kloter pertama CJH Lampung itu akan transit di Jakarta sebelum menuju ke Arab Saudi.

Dijelaskan, selama di Asrama Haji Rajabasa, jemaah akan dilakukan registrasi. Seperti penyerahan surat panggilan masuk asrama (SPMA), pembagian living cost, pembagian gelang dan nomor kamar, penyerahan paspor dari Imigrasi, pembagian nomor duduk penerbangan dan obat-obatan.

"Prosesnya sangat panjang. Nanti pukul 24.00 WIB akan dilakukan persiapan jemaah seperti x-ray barang. Setelah steril, jam 02.30 jemaah berangkat ke Bandara Raden Inten menggunakan bus. Lalu jam 03.00 menuju Jakarta," jelas Alief.

Ditambahkan, jemaah kloter pertama Lampung itu dijadwalkan berangkat ke Arab Saudi pada pukul 06.30 WIB.

Sementara Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung, Puji Raharjo, menjelaskan 385 jemaah kloter pertama dari Lampung Utara itu terdiri dari lima petugas haji terdiri dari Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), dokter dan paramedis.

Puji mengingatkan petugas haji tentang banyaknya jemaah haji lanjut usia (lansia). "Kami berharap para petugas dan panitia haji untuk dapat memberikan layanan maksimal dan terbaik pada jamaah haji, khususnya jamaah haji lansia," katanya.

“Dampingi dan perhatikan para lansia dan difable. Mereka harus mendapatkan keistimewaan dalam pelayanannya,” pintanya kepada petugas haji.

Hal itu diakui Amini, jemaah calon haji dari Desa Mulyorejo, Kabupaten Lampung Utara. Wanita berusia 74 tahun ini mengaku, pelayanan yang diberikan petugas haji sangat baik.

"Pelayanannya sangat bagus, sudah seperti anak mengurusi orang tuanya. Kalau kesehatan kita kurang baik langsung ditangani dokter," ujarnya.

"Harapannya ibadah kami lancar, berangkat sehat pulang sehat," imbuhnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, pemberangkatan CJH Lampung berikutnya jemaah dari Lampung Barat pada 25 Mei 2023, Lampung Tengah pada 26 Mei 2023, Bandarlampung pada 27 Mei 2023, Lampung Timur pada 28 Mei 2023. Tanggamus pada 29 Mei 2023, Lampung Tengah pada 30 Mei 2023, dan Bandarlampung pada 1 Juni 2023. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


PTPN I Regional 3 Lepas Calon Jemaah Haji di ...

MOMENTUM, Semarang -- PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional 3 ...


Gelar Halal Bihalal, Bank Mandiri Siap Berkol ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bank Mandiri bersama Persatuan Wartawan ...


Arus Balik Pemudik di Pelabuhan Bakauheni Lan ...

MOMENTUM, Bakauheni -- Volume kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, L ...


Ratusan Ribu Pemudik Kembali ke Jawa ...

MOMENTUM, Bakauheni--Volume arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Ka ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com