Soal Caleg 'Loncat' Partai, Pengamat: Pemilih Harus Lihat Rekam Jejak

Tanggal 23 Mei 2023 - Laporan Ikhsan Ferdiyanto - 374 Views
Budiyono, Akademisi Universitas Lampung.

MOMENTUM, Bandarlampung--Pengamat politik sekaligus akademisi Universitas Lampung Budiyono, mengingatkan masyarakat sebagai pemilih agar berhati-hati ketika menjatuhkan pilihan kepada calon anggota legislatif (Bacaleg) pindah partai hanya demi mendapatkan kesempatan maju pada Pemilu 2024.

"Menurut saya, ketika ada caleg yang lompat partai ini menunjukan bahwa caleg tersebut tidak mempunyai idiologi. Setiap parpol mempunyai ideologi yang berbeda-beda. Artinya ideologi caleg ini patut dipertanyakan," kata Budiyono kepada harianmomentum.com, Selasa (23-5-2023).

Dia mengatakan, kemungkinan lain berasal dari ideologi (ide atau gagasan) parpol tidak dapat menjadi perekat caleg sehingga banyak caleg yang lompat partai.

Selain itu, lanjut dia, parpol yang menerima caleg dari eksternal partai menunjukan bahwa partai tersebut tidak mempunyai meknisme yang tegas untuk melakukan kaderisasi sehinggaa dengan mudah menerima caleg yang pernah di partai lain.

"Parahnya, caleg-caleg tersebut memang masuk ke partai bukan untuk memperjuangankan ide dan gagasan partai. Tapi hanya untuk keperluan yang bersifat pribadi atau pragmatisme. itu yang bahaya," terangnya.

"Intinya, untuk masyarakat jadilah pemilih yang cerdas. Pemilih yang bisa memilih dengan melihat rekam jejak para caleg," imbaunya.

Karena, jelas Budiyono, tidak semua caleg yang pindah partai tidak layak dipilih. 

"Ada sosok-sosok yang masih layak dipilih meskipun mereka juga masuk dalam kategori caleg yang dipertanyakan ideologinya," pungkasnya.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Pertemuan Surya Paloh dan Prabowo, Herman: Ja ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pertemuan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh ...


Jelang Pilkada, Kepala Daerah Dilarang Rollin ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Beberapa bulan ke depan, sejumlah daerah ...


Gerindra Lampung Belum Fokus Pilkada 2024, Gi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Nama-nama kader Gerindra Lampung kian ha ...


PAN Lampung Fokus Jaring Calon Kepala Daerah, ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Menghadapi pemilihan kepala daerah (pilk ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com