Pantai Minang Rua 75 Besar Desa Wisata Terbaik, Menteri Sandiaga: Semoga Juara Nasional

Tanggal 28 Mei 2023 - Laporan Endri Gunawan. - 1365 Views
Kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno didampingi sejumlah pejabat Lampung Selatan berkunjung ke Desa Kelawi dan Konservasi Pantai Minang Rua.

MOMENTUM, Bakauheni--Desa Wisata Kelawi dan Konservasi Pantai Minang Rua, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, masuk kurasi 75 besar desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023

Kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  (Menparekraf) Sandiaga Uno ke Desa Kelawi dan Konservasi Pantai Minang Rua pada Sabtu 27 Mei 2023, dalam rangka rangkaian visitasi ADWI 2023.

Dalam kunjungan itu, hadir juga Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Provinsi Lampung Bobby Irawan, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Thamrin serta jajaran Forkopimda Kabupaten Lampung Selatan.

Turut hadir juga Kadis Pariwisata Kabupaten Lampung Selatan M. Darmawan, beserta sejumlah kepala perangkat daerah di lingkungan Pemkab Lampung Selatan, Camat Bakauheni dan jajaran Forkopimcam, pelaku usaha, serta undangan terkait lainnya.

Dalam kunjungannya, Sandiaga Uno terkesan akan keindahan Pantai Minang Rua. Menurut dia, spot-spot yang ada di destinasi wisata Pantai Minang Rua sangat indah dan bagus untuk dikunjungi.

“Mudah-mudahan Desa Wisata Pantai Minang Rua ini bisa menjadi juara desa wisata se-Indonesia. Tadi saya sudah lihat semua (spot), saat lari pagi bersama Dandim dan pak Kapolres. Saya merasa berkesan Pantai Minang Rua memang mantap,” ujarnya.

Namun demikian, Sandiaga Uno berpesan agar pihak Pokdarwis sebagai pengelola destinasi wisata Pantai Minang Rua dapat terus berinovasi memberikan kenyamanan pada pengunjung sehingga semakin banyak pengunjung yang datang.

“Saya berpesan semangat terus untuk Pokdarwis Desa Kelawi. Saya berharap selalu berinovasi dan di tambah spot-spotnya supaya pengunjungnya nyaman dan aman saat berkunjung,” imbuh Sandiaga Uno.

Sementara itu, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Selatan M. Darmawan mengatakan, untuk menentukan juara umum ADWI 2023 didasarkan pada lima kategori penilaian.

Kategori itu kata Darmawan, yaitu terkait daya tarik pengunjung, potensi kreativitas dan hasil karya desa wisata, peningkatan kualitas standar pelayanan.

“Kemudian penilaian lainnya terkait digital dan kreatif dalam hal pemanfaatan digitalisasi promosi desa wisata. Dan penilaian terakhir tentang Kelembagaan Desa Wisata dan CHSE berstandar nasional,” tutur Darmawan.

Darmawan optimistis bahwa dengan segala potensi yang ada di Desa Wisata Minang Rua dan upaya dari semua pihak, termasuk pemerintah daerah, para pengelola dan masyarakat, bahwa Desa Wisata Minang Rua layak untuk menjadi juara nasional.

“Kalau sudah masuk 75 besar desa wisata, maka sudah menjadi juara. Dan kita berharap tak kalah bersaing dengan desa wisata ditempat lainnya. Semoga Minang Rua bisa menjadi juara umum se-nasional,” katanya.

Pengumuman pemenang untuk masing-masing kategori akan diumumkan pada Malam Anugerah ADWI 2023 yang dijadwalkan pada Juli 2023 mendatang. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Maliosewu, Wisata Kuliner Malam di Pringsewu ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Masyarakat Pringsewu dikenal kreatif, teru ...


Rumah Layung Rancabali Tea Resort: Pesona Rom ...

MOMENTUM, Ciwidey--Rancabali Tea Resort mengumumkan kehadiran uni ...


Libur Sekolah Tiba! Ini Harga Tiket Wisata Ed ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Libur sekolah telah tiba. Bagi Anda yang ...


Pesawaran Tingkatkan SDM Kuliner Wisata Desa ...

MOMENTUM, Gedongtataan--Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran teru ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com