Walikota Minta Petugas Sensus Lakukan Pendataan Secara Akurat

Tanggal 31 Mei 2023 - Laporan Adipati Opie/Rio - 393 Views
Walikota Metro, Wahdi Siradjuddin.

MOMENTUM, Metro--Walikota Metro, Wahdi Siradjuddin meminta petugas sensus melakukan pendataan secara akurat.

Hal itu dikatakan Wahdi saat menjadi pembina apel Petugas  Sensus Pertanian (ST2023) di halaman Kantor Badan Pusat Statistik Kota Metro, Rabu (31-5-2023).

"Data-data seperti jumlah penduduk, tingkat pengangguran terbuka, jumlah kemiskinan, sampai kemiskin ekstrem, pertumbuhan ekonomi, gini ratio, data-data ini tentu harus diperoleh dengan akurasi yang tinggi sehingga kita dapat menentukan, merencanakan, pembangunan dengan tepat" kata Wahdi.

Menurut dia, dengan data-data statistik tersebut pemerintah Kota Metro dapat mengetahui bagaimana pencapaian, kendala dan tantangan pembangunan yang kita hadapi. Sementara untuk data dalam sektor pertanian, bahwa Kota Metro adalah kota tetapi 40 persen masih terdiri dari tanah pertanian dengan luas Kota Metro 7300 hektare tanah dengan jumlah pertanian 2900 hektare.

"Artinya luas baku lahan sektor bahan pangan dengan lahan sawah yang produktif, total luas panen 5523 hektar menghasilkan gabah produksi padi dengan besaran kuraang lebih 28.880 ton," ujar Wahdi.

Hal itu, lanjutnya, seiring dengan program Pemerintah Provinsi Lampung untuk menjadi nomor dua di Sumatera penghasil beras. Sedangkan untuk perkebunan Kota Metro mempunyai potensi tanaman kalau dan kelapa dengan komoditas 47 ton dan 23 ton pada tahun 2022.

Pada Sensus Pertanian tahun 2023 dilakukan untuk mendapatkan variabel yang diperlukan demi perlengkapan pertanian yang berkembang sangat dinamis pengumpulan data baik di level nasional maupun internasional.

"Saya berharap para putugas sensus dalam keadaan yang sehat, semangat ambil data yang  akurat, dan petugas sensus tidak menunda-nunda pekerjaan, laksanakan dengan sebaik-baiknya" harapnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Wintarty Dyah Indriyani menyatakan apel petugas Sensus Pertanian ini untuk memastikan kesiapan dan memberikan semangat kepada seluruh petugas yang akan bebekerja pada 1 Juni - 31 Juli 2023.

"Kita memohon kesedian Pak Wali berkenan memberikan motivasi dan semangat kepada petugas sensus  Pertanian Kota Metro dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan data-data yang akurat," katanya. (**)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Pemkab Mesuji akan Bangun Jembatan Penghubung ...

MOMENTUM, Mesuji -- Besok, Jumat 29 Maret 2024, Penjabat Bupati M ...


Perdagangan dan Jasa di Metro Serap 35,53 Per ...

MOMENTUM, Metro--Sektor perdagangan dan jasa mendominasi lapangan ...


Kabar Gembira, THR ASN Pemprov Cair Pekan Dep ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kabar gembira bagi para aparatur sipil n ...


Bersama Pj Ketua PKK, Firsada Safari Ramadan ...

MOMENTUM, Panaragan -- Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (T ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com