Tahap Kedua, Pesawaran Terima 8.000 Dosis Vaksin LSD

Tanggal 16 Jun 2023 - Laporan Rifat Arif - 338 Views
Ilustrasi suntik vaksin LSD/istimewa

MOMENTUM, Gedongtataan—Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Pesawaran menerima delapan ribu dosis vaksin untuk mencegah penyebaran virus lumpy skin disease (LSD) yang menyerang ternak sapi.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Peternakan dan Perkbunan Pesawaran Dedi Novriansyah mengatakan, vaksin tersebut untuk vaksinasi tahap kedua yang akan digunakan di sebelas kecamatan yang ada di Kabupaten Peswaran.

“Kita sudah mengambil vaksinnya, rencananya akan kita segera lakukan vaksinasi pada hewan ternak, jenis sapi yang belum terkena penyakit LSD di Kabupaten Pesawaran,” katanya, (16-6-2023).

Dedi mengatakan, saat ini petugas di lapangan tengah melakukan pendataaan terkait jumlah sapi yang akan divaksin LSD ini.

“Rencananya, vaksin ini kita peruntukan untuk tiga Puskeswan yang ada, 3.500 dosis kita bagi di wilayah kerja Puskeswan Negerikaton, Kecamatan Gedongtataan dan juga Kecamatan Waylima, kemudian untuk Puskeswan Tegineneng sebanyak 4.000 dosis vaksin dibagi untuk Kecamatan Tegineneng, Kedondong dan juga Waykhilau,” tetangnya.

Sementara, sisanya 500 dosis lagi, untuk wilayah kerja Puskeswan Wayratai, dibagi untuk Kecamatan Telukpandan, Padangcermin kemudian Margapunduh dan Punduhpedada.

Dia mengatakan, pelaksanaan vaksinasi ini direncanakan akan rampung sebelum pelaksanaan Lebaran Idul Adha yang jatuh pada akhir bulan ini.

“Kita mengusahakan sebelum akhir bulan ini, pelaksanaan vaksinasi telah rampung kita langsungkan, sehingga di Pesawaran tidak ada penyebaran virus LSD,” katanya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Pj Bupati Lambar Buka TMMD ke 120 ...

MOMENTUM, Airhitam--Penjabar Bupati Lampung Barat (Lambar) Nukman ...


Selama Sepuluh Tahun Terakhir, Pemprov Pertah ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung be ...


DPRD Umumkan Akhir Jabatan Gubernur Lampung P ...

MOMENTUM, Bandarlampung--DPRD Provinsi Lampung mengumumkan dan me ...


Gubernur Buka Lampung Craft V ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi dan Ketua Dekra ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com